10 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria

Keberhasilan program hamil (promil) seorang pasangan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor kesuburan. Tidak hanya masalah kesuburan wanita, kesuburan pria juga turut berperan besar dalam keberhasilan program hamil yang sedang dijalani. Salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita agar cepat hamil adalah dengan menjalani pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan bernutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung pembuahan dan perkembangan calon janin.10 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria

Beberapa jenis makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria diantaranya adalah makanan-makanan yang mengandung Asam folat, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin D, Zat besi, Omega 3, dan Zinc (zat seng). Jadi, bagi Anda yang sedang menjalani program hamil, cara untuk mempercepat kehamilan pada wanita salah satunya ialah disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung unsur-unsur nutrisi tersebut.

Berikut ialah daftar 10 jenis makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kesuburan wanita dan pria yang harus Anda ketahui untuk mempercepat kehamilan.

10 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria

  • Asam Folat

Asam folat diperlukan sebelum dan selama masa kehamilan untuk mencegah terjadinya kelainan dan perkembangan tabung otak bakal janin. Makanan-makanan sumber asam folat yang bisa dikonsumsi oleh pria dan wanita adalah macam-macam sayuran berdaun hijau, brokoli, asparagus, kacang polong, kacang kapri, jus jeruk, serta hati ayam dan sapi.

  • Vitamin B6

Mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B6 merupakan cara meningkatkan kesuburan wanita dan pria yang sangat efektif. Karena manfaat dari vitamin B6 ini adalah untuk untuk mendukung dan mengatur hormon reproduksi. Terutama untuk mempercepat kehamilan, vitamin B6 mutlak diperlukan. Contoh makanan yang mengandung vitamin B6 ialah, sayuran hijau, kacang-kacangan, kecambah (tauge), sereal, beras, gandum, dan roti. Namun harus diingat, pastikan kesegaran makanan. Hindari makanan-makanan yang berpengawet atau dikemas dalam kaleng.

  • Vitamin C

Vitamin C memiliki peranan penting untuk meningkatkan kesuburan terutama bagi kaum pria. Di samping itu, vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang sangat dibutuhkan ketika proses kehamilan sudah terjadi. Buah-buahan sumber vitamin C ialah jeruk, mangga, dan lainnya.

  • Vitamin D

Pengaruh vitamin D terhadap kesuburan ialah dapat menyeimbangkan hormon reproduksi sehingga mempengaruhi tingkat keberhasilan pembuahan. Makanan sumber vitamin D ialah keju, hati, sereal, jamur, telur, dan susu. Sinar matahari pagi juga baik untuk membantu proses ovulasi pada wanita, sehingga sel telur akan tertanam dan meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

  • Vitamin E

Selain untuk kesehatan kulit, vitamin E juga dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesuburan dan meningkatkan fungsi organ reproduksi. Terapi pengobatan vitamin E sering digunakan untuk mengatasi masalah kemandulan dan gangguan regenerasi. Makanan sumber vitamin E bisa didapat dari alpukat, minyak bunga matahari, dan gandum (wheat germ).

  • Zat besi

Makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria selanjutnya ialah makanan yang mengandung tinggi zat besi. Anemia atau kekurangan sel darah merah bisa menjadi penghambat wanita untuk cepat hamil. Karena itulah zat besi diperlukan untuk meningkatkan jumlah sel darah merah yang berguna dalam mempersiapkan kehamilan nantinya. Sumber makanan yang mengandung zat besi contohnya ialah hati, daging sapi, kambing, ayam, tuna, telur, tahu, kacang-kacangan, dan sayuran hijau (terutama bayam)

  • Omega 3

Asam lemak omega 3 berhubungan dengan kualitas embrio. Omega 3 juga berperan untuk melancarkan aliran darah sehingga akan menghasilkan plasenta yang sehat yang dibutuhkan oleh bayi nantinya. Omega 3 bisa didapat dari ikan laut, minyak ikan, minyak zaitun, alpukat, biji-bijian (terutama biji rami), dan kacang-kacangan.

  • Zinc (zat seng)

Zat seng (zinc) berguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas mani. Contoh makanan yang mengandung seng ialah kerang, kuning telur, daging merah, ragi, bee pollen (serbuk sari), biji-bijian (sereal, gandum), dan kacang-kacangan.

  • Jahe

Jahe merupakan afrodisiak kuat yang dapat meningkatkan volume mani. Selain untuk pria, jahe juga berkhasiat untuk wanita sebagai makanan untuk meningkatkan kesuburan.

  • Air Putih

Manfaat dari air putih tidak pernah ada habisnya, termasuk untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Karena kecukupan cairan tubuh sangat mempengaruhi produksi dari hormon-hormon reproduksi. Contohnya hormon estrogen pada wanita dan testosteron pada pria. Bahkan mandi pagi dengan air dingin juga berpengaruh terhadap tingkat kesuburan seseorang.

Itulah daftar 10 makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria yang harus Anda ketahui jika ingin segera hamil. Semoga bermanfaat.

Tags: kesuburan pria kesuburan wanita program hamil