10 Perubahan Tubuh Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

  • Sakit kepala

Sakit kepala adalah keluhan ibu hamil yang paling sering terjadi. Hal ini bisa karena kelelahan, tekanan darah rendah, perasaan tegang, atau depresi. Istirahat cukup dan hubungi dokter apabila sakit kepala semakin berat. Waspadai bila sakit kepala sering terjadi di usia kehamilan lanjut, sebab bisa jadi itu gejala preeklampsia, terutama jika disertai peningkatan tekanan darah dan tangan-kaki bengkak.

  • Pusing

Perubahan posisi secara tiba-tiba, misal dari tidur/duduk ke posisi berdiri bisa menimbulkan pusing pada ibu hamil muda karena sistem sirkulasi darah yang masih sulit beradaptasi. Dan jika pusing tetap timbul meski posisi sedang duduk, bisa jadi karena level gula darah yang menurun, dan bisa menyebabkan anemia.

  • Kram perut

Hal ini biasa terjadi pada trimester pertama kehamilan. Penyebabnya ialah otot dan ligamen yang meregang karena pertumbuhan dan perkembangan rahim. Hati-hati jika kram perut disertai dengan perdarahan dari jalan lahir, sebab bisa jadi tanda keguguran.

  • Sering meludah

Produksi air liur agak berlebih bisa karena morning sickness yang dialami. Solusinya Anda dapat sikat gigi, berkumur, atau menghisap permen mint, karena mint dipercaya dapat mengurangi air ludah.

  • Emosional

Perubahan hormon mempengaruhi emosional ibu hamil menjadi tidak stabil dan cepat berubah mood. Terlebih di awal kehamilan dan menjelang masa persalinan, rasa tanggungjawab akan jadi seorang ibu juga terkadang membuat ibu hamil merasa stres. Solusinya, bicarakan semua permasalahan yang dialami dengan orang-orang terdekat, dan sempatkan waktu untuk berlibur untuk mengobati kejenuhan.

  • Berat badan meningkat

Perubahan tubuh yang terjadi pada ibu hamil paling terlihat adalah perut membuncit dan berat badan naik. Peningkatan berat badan secara drastis terjadi setelah memasuki trimester kedua kehamilan. Dengan sendirinya tubuh Anda akan beradaptasi dengan hal ini. Keluhan lain yang mungkin timbul adalah sakit pinggang, tidak bisa tidur, dan kepanasan.

Baca juga: Cara Mengobati Demam pada Ibu Hamil

Itulah 10 perubahan tubuh yang terjadi pada ibu hamil yang mungkin dialami. Bahkan pada beberapa ibu hamil, pengaruh hormonal bisa menyebabkan kerontokan rambut, kulit pecah-pecah, dan ingin mengonsumsi makanan/minuman tertentu yang disebut ngidam. Segera hubungi dokter jika terjadi keluhan yang berat selama kehamilan.

Tags: ciri orang hamil gejala kehamilan