10 Tips Jitu Agar Cepat Hamil

Bagi pasangan yang belum memiliki buah hati, kehamilan tentu menjadi hal yang paling dinantikan. Terutama untuk pasangan yang sudah menikah cukup lama tapi belum juga hamil. Penyebab sulit hamil bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari kondisi kesehatan suami/istri, tingkat kesuburan, gaya hidup, dan faktor lingkungan sekitar.Proses Terjadinya Kehamilan pada Wanita

Setelah mencoba berbagai cara agar cepat hamil yang disarankan oleh orang-orang sekitar, tetapi belum juga dikaruniai momongan hingga saat ini, mungkin bisa mencoba 10 tips jitu agar cepat hamil berikut ini.

Tips Agar Cepat Hamil secara Alami

  • Hindari alat KB

Penggunaan alat kontrasepsi tentu saja menghambat kehamilan. Bahkan setelah dilepas, alat KB masih bisa mempengaruhi kesuburan dan menyebabkan sulit hamil. Butuh waktu cukup lama untuk kembali normal, meskipun ada juga yang bisa langsung hamil setelah melepas alat KB.

  • Jaga berat badan ideal

Timbunan lemak berlebih dalam tubuh menyebabkan kelebihan hormon estrogen, sehingga membuat ovulasi tidak teratur, dan akibatnya sulit terjadi pembuahan. Sebaliknya, badan yang terlalu kurus akan kekurangan estrogen yang juga menyebabkan sulit hamil.

  • Usia ideal untuk hamil

Usia ideal wanita untuk bisa hamil adalah antara 20-35 tahun. Di usia ini, tingkat kesuburan wanita sedang bagus-bagusnya, dan risiko terjadi gangguan kesehatan pada ibu hamil di usia ini paling rendah. Jika terlalu muda (kurang dari 20 tahun), dikhawatirkan organ reproduksi belum siap. Dan jika terlalu tua (lebih dari 35 tahun), kemampuan organ reproduksi sudah menurun, sehingga mengecilkan kemungkinan untuk bisa hamil.

  • Berhubungan di masa subur

Tips agar cepat hamil secara alami yang paling jitu ialah melakukan hubungan di masa subur istri. Hal ini tentu saja karena pada masa subur, sel telur yang telah matang keluar dari indung telur dan siap untuk dibuahi. Masa subur hanya berlangsung sekitar 3 hari, biasanya terjadi di hari ke-14 sebelum siklus haid berikutnya.

  • Konsumsi makanan peningkat kesuburan

Berikut adalah daftar makanan sehat untuk meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita.

  1. Vitamin B6, merupakan pendukung dan pengatur hormon reproduksi. Bisa didapat dari sayuran hijau, kecambah (tauge), kacang-kacangan, sereal, gandum, beras, dan roti.
  2. Asam folat, untuk mencegah kelainan dan membantu perkembangan tabung otak pada calon janin. Didapat dari sayuran berdaun hijau, asparagus, brokoli, kacang kapri, kacang polong, dan jus jeruk. Ada juga asam folat bentuk tablet siap minum yang bisa didapat di apotik.
  3. Vitamin C, untuk meningkatkan kesuburan, terutama bagi calon ayah. Selain itu juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang penting dalam persiapan kehamilan. Didapat dari buah-buahan, seperti jeruk, mangga, dan lainnya.
  4. Zat besi (fe), untuk meningkatkan jumlah sel darah merah, karena kekurangan zat besi (anemia) menyebabkan sulit hamil. Didapat dari hati, daging ayam, sapi, kambing, kacang-kacangan, dan sayuran hijau (terutama bayam)
  5. Zinc, untuk meningkatkan kualitas kesuburan pria. Bisa didapat dari kerang, daging merah, kuning telur, kecangkacangan, dan biji-bijian (sereal, gandum).
  • Hindari pantyliner dan sabun pembersih

Tingkat keasaman (pH) organ kewanitaan bisa terganggu akibat penggunaan zat kimia seperti yang ada dalam kebanyakan produk pantyliner dan sabun pembersih kewanitaan. Bakteri baik akan mati, dan sebaliknya bakteri jahat tumbuh subur. Bisa menjadi penyebab keputihan dan sulit hamil.

  • Hindari stres

Stres atau depresi bisa timbul akibat masalah sulit hamil ini. Padahal, cara agar cepat hamil sangat  membutuhkan kondisi tubuh prima dan pikiran yang tenang. Luangkan waktu untuk berlibur dan bersenang-senang dengan suami agar tubuh rileks dan terhindar dari stres.

  • Gaya hidup sehat

Hidup sehat sangat mempengaruhi kesuburan. Tingkatkan kualitas kesuburan dengan cara menghindari rokok, olahraga teratur seperti aerobic (bukan olahraga berat), jauhi celana ketat, dan alkohol. Hindari juga kafein yang dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

  • Posisi berhubungan

Posisi berhubungan yang paling disarankan untuk cara agar cepat hamil ialah posisi standar (suami di atas istri), dan tetap di posisi itu hingga selesai. Hindari menggunakan pelicin karena bisa merusak kualitas kesuburan pria.

  • Berdoa

Poin terpenting dari tips agar cepat hamil secara alami ialah selalu mendekatkan diri dan berdoa kepada Tuhan. Karena Dia-lah yang maha menentukan segalanya.

Baca juga: 6 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Mudah-mudahan, 10 tips jitu agar cepat hamil di atas bisa membantu Anda untuk segera hamil. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai permasalahan yang Anda alami, agar dilakukan pemeriksaan mengenai kondisi kesehatan Anda berdua (suami istri).

Tags: alat tes kehamilan cara cepat hamil ciri orang hamil