5 Larangan Dalam Menjaga Kehamilan yang Sehat

  1. Ibu hamil dilarang melakukan gerakan fisik maupun aktivitas rutin seperti sebelum hamil. Setelah mengetahui datangnya ciri-ciri orang hamil dan yakin bahwa anda sedang hamil, anda sebaiknya mengurangi semua aktivitas rutin. Jika anda adalah karyawan atau ibu yang bekerja, minta pengurangan jam kerja atau mengurangi gerakan fisik dengan memilih bekerja di balik meja.
  2. Ibu hamil dilarang mengalami kelelahan fisik yang sangat berisiko terhadap keguguran. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan sering-sering beristirahat dan cukup pula jam istirahatnya. Untuk wanita yang bekerja harus sering melakukan refreshing di sela-sela pekerjaaanya, yaitu sekitar 1 atau 2 jam sekali dengan cara merebahkan badan ataupun berjalan-jalan melemaskan otot tubuh.
  3. Ibu hamil juga dilarang stress karena akan berpengaruh terhadap perkembangan janin. Unuk mencegah dan mengantisipasi hal ini, ibu perlu menghindari berbagai hal yang dapat mendorong timbulnya stress dan menganggap semua hal, termasuk karier anda sekalipun, tak lebih penting dari janin yang anda kandung.
  4. Hindari terjebak dalam berbagai bayangan ketakutan, seperti takut sakit saat melahirkan, takut tidak mampu mendidik anak nantinya, takut tidak cantik lagi setelah melahirkan, dan sebagainya. Bayangan ini biasanya memang muncul dan mengiringi wanita yang sedang hamil tanpa sebab yang jelas. Jika anda larut dalam bayangan tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan janin. Karena itu lapangkan dan luapkan pikiran anda dengan hal-hal yang baik dan indah saja.
  5. Ibu hamil dilarang mengkonsumsi makanan yang tidak mendukung kesehatan janin, seperti minuman keras, merokok, cemilan dari produk kemasan, makanan berlemak, maupun buah-buahan yang panas seperti durian atau nanas.

Baca juga: Daftar Makanan dan Minuman yang Dapat Menggugurkan Kandungan

Itulah 5 larangan yang sebaiknya tidak anda lakukan dalam menjaga kehamilan yang sehat dan berkualitas, dan semoga informasi ini berguna untuk anda.

Tags: cara menjaga kehamilan pantangan wanita hamil