Bagaimana Cara Memancing Kehamilan dengan Pil KB? Benarkah Efektif?

Fungsi sebenarnya dari pil KB adalah sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Namun percaya atau tidak banyak yang mengatakan bahwa pil KB juga dapat digunakan untuk memancing kehamilan pada wanita, benarkah demikian?Bagaimana Tips Memancing Kehamilan dengan Pil KB? Benarkah Efektif?

Baca juga: Menunda Kehamilan Bisa Bikin Mandul, Benarkah?

Konon, cara memancing kehamilan dengan pil KB bisa dilakukan dengan cara meminumnya satu hari, dan besoknya tidak, demikian seterusnya selang-seling hingga satu bulan. Jika kehamilan belum terjadi, di bulan kedua jangan minum pil KB sama sekali. Dan di bulan ketiga, minum lagi pil KB dengan cara di selang-seling seperti bulan pertama. Cara memancing kehamilan dengan pil KB semacam ini dipercaya dapat berhasil dan aman untuk kesehatan.

Namun apakah benar demikian? Berikut adalah penjelasan dari para medis yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber;

  • Pil KB merupakan 100% metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, dan tidak dianjurkan untuk memancing kehamilan. Sebab, dengan meminum pil KB justru dapat mengurangi keberhasilan seorang wanita untuk hamil.
  • Wanita yang mengalami ketidakseimbangan hormon sehingga menyebabkan gangguan haid, haid tidak lancar, dan tidak teratur memang bisa diatasi dengan pil KB (meski tidak selalu). Sebab pil KB dapat membuat haid menjadi teratur, dan secara otomatis masa ovulasi (pelepasan sel telur) juga menjadi teratur sehingga kemungkinan terjadi pembuahan pada masa subur lebih besar. Dan tips memancing kehamilan dengan pil KB ini bisa saja berhasil, meski kemungkinannya juga sangat kecil.
  • Untuk keberhasilan sebuah promil (program kehamilan) tetap dibutuhkan 50% peran suami, dan 50% peran dari istri. Keduanya sama-sama berpengaruh.
  • Tips agar segera hamil, bisa dilakukan dengan cara menjaga hubungan secara teratur, kenali masa subur atau masa ovulasi, jauhkan diri dari stres dan tekanan-tekanan batin lainnya, jalani pola hidup sehat, dan jaga selalu asupan nutrisi, jangan lupa berolahraga, dan bila perlu konsultasikan ke dokter kandungan, siapa tahu ada masalah kesehatan yang membuat Anda dan pasangan sulit hamil agar segera dicarikan solusi terbaik.

Kembali pada masalah cara memancing kehamilan dengan pil KB, sebenarnya mekanisme kerja dari pil KB itu sendiri adalah sebagai berikut. Sebagai contoh pil KB merk “A”, berbentuk kemasan berisi tablet pil untuk diminum selama 28 hari. Terdiri dari 21 pil berwarna kuning yang masing-masing mengandung 0.15 mg hormon progestin, dan 0,03 mg hormon estrogen. Sedangkan 7  pil lain yang berwarna putih merupakan tablet salut gula dan tidak mengandung hormon.

Setelah diminum, pil KB akan mencegah sel telur yang telah diproduksi oleh indung telur keluar, sehingga pembuahan tidak terjadi. Pil KB juga berperan untuk mengentalkan lendir pada leher rahim, sehingga akan sulit menembus dan masuk ke dalam rahim untuk membuahi sel telur. Pil KB juga akan menebalkan dinding rahim sehingga tidak siap untuk kehamilan.

Baca juga: 10 Faktor Penyebab Wanita Susah Hamil dan Solusinya

Jadi kesimpulannya, pil KB merupakan alat kontrasepsi oral yang mengandung hormon untuk mencegah ovarium mengeluarkan sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan. Maka sudah jelas tips memancing kehamilan dengan pil KB adalah tidak sepenuhnya benar.

Tags: cara cepat hamil pil kb