Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Ada beberapa jenis buah yang baik untuk ibu hamil. Apabila wanita yang sedang mengonsumsi jenis buah ini, maka dapat meningkatkan kesehatan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja buah yang bagus untuk kehamilan tersebut. Jangan sampai salah mengonsumsi karena ada beberapa buah yang terlarang untuk wanita hamil.Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi buah-buahan termasuk salah satu cara yang ditempuh untuk memenuhi kebutuhan gizi selama hamil. Sebab dengan asupan gizi yang cukup, segala kebutuhan yang diperlukan janin juga bisa dipenuhi. Akhirnya sang bayi bisa tumbuh dengan optimal sehingga lahir dengan selamat. Apa saja buah untuk kehamilan yang baik dikonsumsi tersebut? Berikut daftar selengkapnya.

Buah untuk wanita hamil

Buah kurma

Buah yang satu ini memang sudah banyak dikenal manfaatnya untuk kesehatan. Ketika bulan Ramadhan, buah ini banyak dikonsumsi oleh umat Islam pada sahur maupun berbuka puasa. Buah dengan tekstur legit dan rasa yang manis ini ternyata memiliki banyak sekali kandungan serat,  kalium, mangan, zat besi, belerang, kalsium dan magnesium. Jadi buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Kurma merupakan buah yang baik untuk ibu hamil karena kandungannya tersebut dapat mencegah wanita hamil terkena penyakit anemia. Kandungan zat besi yang terdapat pada kurma dapat meningkatkan produksi hemoglobin. Kurma juga mengandung kalium sehingga mampu mengatasi masalah kram yang kerap terjadi saat kehamilan.

Buah alpukat

Alpukat juga merupakan buah yang bagus untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Banyak sekali kandungan dari buah alpukat yang bermanfaat bagi kehamilan, dintaranya yaitu asam folat, kalium dan vitamin B kompleks. Kandungan asam folat yang terdapat pada buah alpukat dapat membantu perkembangan otak janin. Sedangkan kandungan vitamin B kompleks yang ada akan mencegah terjadinya morning sickness/mual muntah selama kehamilan.

Buah manggis

Khasiat buah manggis untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, ekstrak kulit manggis juga bisa digunakan dalam berbagai pengobatan. Ini karena buah manggis dan kulitnya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Jadi buah manggis merupakan buah yang baik untuk ibu hamil dan boleh sering dikonsumsi. Vitamin C yang terkandung pada buah manggis juga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama hamil. Jadi selama kehamilan Anda tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Buah manggis ini juga mengandung asam folat yang dapat berperan mencegah kelahiran prematur dan mengurangi risiko bayi lahir cacat. Jadi tak perlu ragu mengonsumsi buah manggis selama Anda hamil.

Buah naga

Buah naga dikenal sebagai buah yang memiliki jutaan manfaat. Ini tentu tidak salah, sebab buah ini memang sangat berkhasiat untuk kesehatan, termasuk kesehatan ibu hamil. Buah naga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan tinggi akan vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah naga dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak gampang sakit.

Buah apel

Apel juga merupakan jenis buah yang sangat cocok dikonsumsi oleh orang hamil. Kandungan nutrisi pada buah apel sudah dikenal akan manfaatnya. Mengonsumsi buah apel secara rutin selama hamil juga dapat membantu perkembangan janin. Apel juga baik dikonsumsi setiap hari karena dapat menjaga berat badan agar tetap seimbang.

Itulah beberapa daftar jenis buah yang cocok dikonsumsi untuk kesehatan wanita hamil. Anda bisa memilih sesuai selera untuk dikonsumsi paa setiap harinya. Buah-buahan tersebut juga baik dimakan langsung atau dibuat jus agar lebih nikmat. Konsumsilah buah yang baik untuk ibu hamil ini agar kandungan Anda semakin sehat.

Tags: buah untuk ibu hamil muda jus buah untuk ibu hamil kesehatan ibu hamil makanan sehat