Cara Melakukan Hypnobirthing Untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, setiap ibu hamil yang akan menjalani proses persalinan harus memiliki kesiapan fisik dan mental yang kuat. Dari sekian banyak ibu hamil, pasti mengharapkan persalinan secara normal, nyaman, dan tanpa rasa sakit. Hal ini bisa diwujudkan dengan cara melakukan Hypnobirthing untuk ibu hamil.

Metode Hypnobirthing ialah suatu teknik untuk menghadapi persalinan dengan cara selalu memberikan sugesti positif pada diri ibu hamil, selama menjalani kehamilan sampai dengan menjelang proses melahirkan. Sugesti positif itu seperti mendengarkan pengalaman melahirkan normal yang lancar dan menyenangkan dari teman, saudara, atau tetangga, dan dukungan penuh dari suami dan anggota keluarga.Cara Melakukan Hypnobirthing Untuk Ibu Hamil

Dengan menerapkan metode Hypnobirthing untuk ibu hamil, diharapkan ibu hamil selalu berada di lingkungan yang positif, sehingga lebih mudah mengelola emosi selama kehamilan, terutama untuk menjalani proses melahirkan yang normal, lancar, aman, nyaman dan tanpa rasa sakit. Teknik ini juga dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi semakin membaik.

Teknik Hypnobirthing untuk menghadapi persalinan dapat membuat ibu hamil semakin rileks, sehingga dijauhkan dari rasa cemas, takut, ketegangan serta rasa sakit saat proses melahirkan. Hypnobirthing bisa dilakukan di rumah ataupun di kelas latihan. Tapi akan sangat efektif jika dilakukan oleh orang-orang terdekat seperti suami sebagai motivator saat melakukan latihan Hypnobirthing di rumah. Dan berikut ialah hal-hal yang bisa Anda lakukan sebagai latihan teknik Hypnobirthing Anda di rumah.

Cara Melakukan Hypnobirthing Untuk Ibu Hamil

  • Pastikan ibu hamil berada dalam posisi paling nyaman dan tidak ada hal yang bisa mengganggu konsentrasi.
  • Niat yang kuat demi kelancaran proses persalinan dan kesehatan janin.
  • Mulailah dengan menyusun sugesti positif, disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil.
  • Kata-kata yang digunakan haruslah memberikan intruksi positif, sehingga sugesti yang diberikan bisa diterima oleh alam bawah sadar ibu hamil.
  • Ulangi sugesti tersebut secara teratur, dan hilangkan kata-kata klise yang bisa membingungkan ibu hamil.
  • Urutkan sugesti positif sesuai kebutuhan. Misal menjelang pemeriksaan kehamilan yang terakhir, motivator dapat memberikan sugesti positif mengenai hasil pemeriksaan dan dapat menjalani persalinan normal seperti yang diharapkan.
  • Sugesti yang didapatkan ibu hamil harus jelas, mudah dipahami, dan sesuai kondisi.
  • Berikan juga kata-kata yang bisa menggambarkan emosi ibu hamil, misalnya semangat, hebat, dan luar biasa.
  • Gunakan kata yang memiliki arti tunggal dan tidak meragukan yang mampu memberikan motivasi untuk kelancaran persalinan normal.
  • Atur nafas, dan lakukan semua itu dengan perlahan.
  • Jika terjadi masalah, selesaikan permasalahan yang paling mendasar terlebih dahulu.

Baca juga: Tips Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Nah, itulah cara melakukan Hypnobirthing untuk ibu hamil yang bisa Anda lakukan di rumah bersama suami atau orang-orang terdekat Anda. Metode Hypnobirthing ini dapat membuat persalinan yang akan dijalani lebih mudah karena sugesti-sugesti baik yang diberikan mengenai proses persalinan normal.

Tags: melahirkan bayi persiapan melahirkan tanda tanda kelahiran