Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas Selama Kehamilan

Kehamilan terkadang akan diiringi dengan gangguan pada tidur anda, termasuk diantaranya mual, rasa panas dan sesak didada, kram di kaki serta mengorok. Jika anda juga telah memiliki beberapa kebiasaan buruk seperti ini bahkan sebelum hamil, maka bisa semakin buruk selama kehamilan.

Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas Selama Kehamilan - Words 763

Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik selama anda sedang hamil.

  • Kurangi / Hentikan Konsumsi Kafein

Mengurangi konsumsi makanan dan minuman seperti kopi, teh, soda dan coklat akan memberikan efek positif. Hindari makanan tersebut total di sore hari dan malam hari.

  • Kurangi Minum Di Sore Dan Malam Hari

Minum banyak air di pagi hari, dan sedikit di malam hari. Hal ini akan membantu mengurangi anda untuk bangun dan pergi ke toilet di tengah malam.

  • Hindari Makanan Berat dan Makanan Pedas Sebelum Tidur

Makan yang pedas seperti cabe dan makanan yang mengandung asam seperti tomat dapat menyebabkan sensasi rasa mulas pada pencernaan. Begitu pula bila anda memakan banyak makanan sebelum anda tidur.

Jika rasa mulas adalah masalahnya, makan makanan ringan dan makanlah makanan tersebut lebih awal. Beri waktu setidaknya 2 sampai 3 jam untuk mencerna makanan tersebut sebelum anda beranjak tidur.

  • Makan Cemilan Kecil Sebelum Tidur Untuk Menghindari Mual di Pagi Hari

Jika anda sering bermasalah dengan rasa mual, memakan cemilan kecil dapat menjaga perut tetap terisi. Cobalah ngemil makanan kecil yang sehat seperti cracker atau jus buah terutama sebelum waktu tidur.

  • Tidur Siang

Tidur siang selama 30 menit – 1 jam disiang hari dapat membuat anda lebih waspada, menajamkan memory, dan mengurangi rasa capek.

Tetapi atur waktu tidur anda juga. Karena tidur terlalu sore atau terlalu lama, akan mengganggu tidur malam anda.

  • Jangan Bekerja Terlalu Lama

Gunakan waktu olah raga anda, setidaknya 4-5 jam sebelum malam agar tidak mengganggu tidur anda sehingga tubuh anda dapat beristirahat dengan baik.

Berolah raga dengan waktu terlalu dekat dengan waktu tidur, dapat mengganggu atau bahkan merampas kenyenyakan tidur anda.

Cobalah untuk menyelesaikan olah raga anda sebelum sore hari.

  • Berlatih Teknik Relaksasi

Pelajari tentang teknik tidur yang baik seperti teknik nafas, teknik relaksasi otot, dan teknik visualisasi.

Tags: hamil 5 bulan kesehatan ibu hamil