Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas Selama Kehamilan

  • Jangan Sampai Pekerjaan Anda Mengganggu Waktu Tidur Anda

Letakkan kertas dan pena didekat tempat tidur anda untuk menjaga apabila anda terjaga di malam hari karena teringat dengan pekerjaan anda yang tertunda atau pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan esok hari.

Jika anda terbangun di malam hari, segera pikirkan dan ingat apa saja yang harus anda kerjakan besok, dan TULIS segera.

Setelah itu, usahakan untuk melupakan semua yang anda tulis agar anda dapat kembali tidur nyenyak dengan semua list pekerjaan anda telah tertulis dan terjadwal rapi.

  • Mengikuti Kelas Pengetahuan Kehamilan

Jika ini adalah kehamilan pertama anda dan anda merasa khawatir atau takut atau cemas menghadapi persalinan anda pertama kali, bagaimana cara merawat anak, dan lain lain, anda dapat mendaftarkan diri ke kelas pengetahuan kehamilan.

Dengan mengetahui apa saja yang akan anda hadapi, teknik yang bisa dipakai untuk menjalani dan lain lain, yang dijelaskan oleh ahlinya, anda dapat setidaknya merasa aman dan nyaman karena telah mengetahui apa saja yang akan anda alami dan rasakan nanti.

  • Tidur Sesuai Jadwal

Cobalah untuk tidur dan bangun secara teratur dengan jam tidur dan bangun yang telah terjadwal.

  • Terapkan Waktu Relaksasi Saat Tidur Dengan Teratur

Mulailah untuk mencoba melakukan ritual sebelum tidur yang dapat membantu menenangkan diri anda dan merelaksasikan tubuh anda.

Bisa dengan membaca, mendengarkan music yang menenangkan, minum susu, atau mandi air hangat.

Anda akan merasa lebih hangat dari pada biasanya saat anda hamil, jadi buatlah kamar anda lebih sejuk.

  • Gunakan Tempat Tidur HANYA untuk Tidur Dan HB

Jika anda dan suami memiliki kebiasaan menonton televisi di kamar tidur, maka hentikan segera. Gunakan tempat tidur anda HANYA untuk melakukan sesuatu yang menyamankan diri anda seperti tidur, HB atau bersantai.

  • Gunakan Tempat Tidur Untuk Bersantai Dengan Suami
  • Tidurlah Menghadap Kekiri

Latihlah diri anda untuk tidur dengan menghadap ke kiri. Posisi ini akan membantu darah dan nutrisi mengalir dengan lebih lancar ke bayi anda dan uterus, dan akan membantu tubuh anda kehilangan banyak cairan.

Biasakan tidur dengan posisi seperti ini sejak awal kehamilan anda, maka anda akan lebih terbisa dengan posisi ini setelah perut anda menjadi lebih membesar.

Baca juga: Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

  • Jika Anda Tidak Bisa Tidur

Bangunlah dan keluar dari kamar. Jika anda masih terbangun setelah 20 atau 30 menit, bangunlah dan pergilah kekamar yang lain. Dengarkan musik, baca majalag, atau lakukan relaksasi disana. Jika anda sudah mulai mengantuk, kembalilah ke kamar tidur.

Jika anda terbangun ditengah malam, jangan takut. Gangguan tidur selama kehamilan adalah hal yang sangat wajar, Demikianlah tadi beberapa Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas Selama Kehamilan. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang hamil

Tags: hamil 5 bulan kesehatan ibu hamil