Cara Mengatasi Mual dan Muntah saat Hamil Muda

Cara mengatasi mual dan muntah saat hamil muda tentu sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena sebagian besar tanda awal kehamilan ini dialami dan menjadi masalah serius pada kehamilan khususnya pada trimester pertama. Di bulan-bulan pertama kehamilan, tubuh sedang menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan hormon yang terjadi akibat kehamilan. Tak jarang, hal ini bisa menimbulkan berbagai keluhan di awal kehamilan seperti mual, muntah, pusing, mudah lelah, bahkan kehilangan nafsu makan. Padahal, jumlah asupan nutrisi untuk ibu hamil seharusnya lebih banyak dari sebelum hamil karena tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi dirinya tetapi juga untuk janin yang sedang tumbuh dalam kandungannya.Cara Mengatasi Mual dan Muntah saat Hamil Muda

Lalu, bagaimana jika ibu hamil tidak bisa menerima asupan makanan karena setiap hari mengalami mual dan muntah? Jika hal ini terjadi, dikhawatirkan janin akan kekurangan nutrisi yang penting untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu, penting kiranya para ibu hamil mengetahui cara mengatasi mual dan muntah saat hamil muda agar kondisi ibu tetap prima dan kecukupan nutrisi buah hati di dalam perut juga dapat terpenuhi sehingga bayi tetap sehat sampai waktunya dilahirkan ke dunia.

Cara mengatasi mual saat hamil

  • Makan dalam porsi kecil namun sering

Ini akan lebih efektif masuk ke dalam tubuh, karena makanan dalam jumlah besar akan membuat perut terasa penuh dan rasa mual semakin bertambah. Makanan yang dimaksud adalah yang mengandung tinggi karbohidrat, protein, dan sayur agar ibu hamil tetap bertenaga dan kebutuhan serat tercukupi. Di samping itu, selalu konsumsi buah-buahan segar terutama yang mengandung banyak vitamin C karena sangat membantu untuk menghilangkan mual ibu hamil.

  • Jangan terburu-buru bangun dari tempat tidur

Saat bangun tidur di pagi hari, jangan terburu-buru untuk segera beranjak dari tempat tidur. Duduklah sebentar baru setelah itu perlahan berdiri. Jika ibu hamil selalu merasa mual ketika bangun tidur, sebaiknya sediakan camilan atau biskuit dekat tempat tidur yang bisa Anda makan sebelum beranjak dari tempat tidur. Setelah rasa mual reda, barulah ibu hamil bangun dan mulai aktifitas seperti biasa.

  • Hindari makanan yang menimbulkan gas, berlemak tinggi, berminyak, dan makanan pedas

Makanan yang menimbulkan gas seperti kol, nangka, durian, sawi hijau, dan makanan hasil fermentasi (tapai ketan/singkong) bisa membuat perut makin terasa kembung dan penuh. Sedangkan makanan mengandung tinggi lemak seperti makanan bersantan, gorengan, dan makanan pedas yang dikonsumsi ibu hamil hanya akan menambah rasa mual yang dialami.

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Perbanyak minum air putih, terutama air putih hangat untuk mencegah dehidrasi akibat muntah. Air hangat akan lebih bisa diterima usus saat keadaan mual dibanding air dingin atau es. Minum jus buah segar juga bisa menjadi cara mengatasi mual dan muntah saat hamil muda. Hindari minuman berkafein dan berkarbonat saat hamil muda.

Beberapa minuman yang berkhasiat menghilangkan mual saat hamil muda, antara lain:

  1. Jahe hangat, bau jahe yang khas membuat tubuh rileks, dan rasa hangat diperut dapat mengurangi mual yang dialami. Jahe juga aman untuk ibu dan bayi, dan bisa dikonsumsi dalam bentuk permen.
  2. Teh mint, mint mengandung menthol yang rasanya dingin sehingga bisa mengatasi mual yang diderita ibu hamil.
  3. Air lemon hangat, air hangat dicampur dengan perasan lemon yang mengandung vitamin C juga efektif untuk menghilangkan mual.
  • Olahraga ringan

Jalan-jalan pagi sambil menghirup udara segar mampu mengatasi morning sickness atau rasa mual yang kerap menyiksa di pagi hari.

  • Istirahat

Istirahat cukup membantu tubuh dan pikiran ibu hamil terasa rileks dan terhindar dari kelelahan.

Selain cara mengatasi mual dan muntah saat hamil muda yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak cara lain yang bisa dilakukan seperti menghirup aroma terapi, menghindari bau menyengat, melakukan hal-hal menyenangkan, atau minum vitamin B6 yang bisa membantu mengurangi mual saat hamil. Tetapi konsumsi vitamin ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter, dan apabila keluhan mual sangat parah bisa menghubungi dokter untuk mendapat solusi yang tepat.

Tags: gangguan kehamilan kesehatan ibu hamil morning sickness mual dan muntah