Cara Mengatasi Mual dan Muntah saat Hamil Muda

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Perbanyak minum air putih, terutama air putih hangat untuk mencegah dehidrasi akibat muntah. Air hangat akan lebih bisa diterima usus saat keadaan mual dibanding air dingin atau es. Minum jus buah segar juga bisa menjadi cara mengatasi mual dan muntah saat hamil muda. Hindari minuman berkafein dan berkarbonat saat hamil muda.

Beberapa minuman yang berkhasiat menghilangkan mual saat hamil muda, antara lain:

  1. Jahe hangat, bau jahe yang khas membuat tubuh rileks, dan rasa hangat diperut dapat mengurangi mual yang dialami. Jahe juga aman untuk ibu dan bayi, dan bisa dikonsumsi dalam bentuk permen.
  2. Teh mint, mint mengandung menthol yang rasanya dingin sehingga bisa mengatasi mual yang diderita ibu hamil.
  3. Air lemon hangat, air hangat dicampur dengan perasan lemon yang mengandung vitamin C juga efektif untuk menghilangkan mual.
  • Olahraga ringan

Jalan-jalan pagi sambil menghirup udara segar mampu mengatasi morning sickness atau rasa mual yang kerap menyiksa di pagi hari.

  • Istirahat

Istirahat cukup membantu tubuh dan pikiran ibu hamil terasa rileks dan terhindar dari kelelahan.

Selain cara mengatasi mual dan muntah saat hamil muda yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak cara lain yang bisa dilakukan seperti menghirup aroma terapi, menghindari bau menyengat, melakukan hal-hal menyenangkan, atau minum vitamin B6 yang bisa membantu mengurangi mual saat hamil. Tetapi konsumsi vitamin ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter, dan apabila keluhan mual sangat parah bisa menghubungi dokter untuk mendapat solusi yang tepat.

Tags: gangguan kehamilan kesehatan ibu hamil morning sickness mual dan muntah