5 Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini di Minggu Pertama

Bagaimana cara mengetahui kehamilan sejak dini? Pertanyaan seperti ini pasti sering muncul di benak pasangan yang baru saja menikah dan ingin segera memiliki anak. Bahkan untuk menunggu hingga terlambat menstruasi rasanya sudah tidak sabar.

Padahal kita semua tahu, tanda awal kehamilan yang paling umum dijadikan sebagai patokan untuk menentukan kehamilan adalah ketika siklus menstruasi seorang wanita terhenti atau mengalami keterlambatan haid. Itupun belum bisa dipastikan bahwa wanita tersebut benar-benar hamil, perlu dilakukan tes kehamilan dan pemeriksaan medis untuk mendapatkan hasil yang akurat dan memastikan kehamilan itu benar-benar terjadi.cara mengetahui kehamilan sejak dini

Sayangnya, jika harus menunggu hingga terlambat haid dan melakukan tes kehamilan menggunakan test pack, biasanya baru akan menunjukkan hasil positif saat usia kehamilan sudah berjalan beberapa minggu. Jika tes dilakukan terlalu dini, hasilnya bisa jadi kurang akurat. Padahal, jika kita bisa mengetahui kehamilan sejak dini pastinya kita dapat lebih berhati-hati dalam menjaga kandungan hingga saatnya melahirkan nanti.

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai tanda-tanda kehamilan awal bahkan sebelum terlambat haid, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini

  • Payudara membengkak dan lebih sensitifcara mengetahui kehamilan

Saat pembuahan terjadi, produksi hormon kehamilan seperti estrogen dan progesteron akan meningkat drastis. Efeknya bisa dilihat pada bagian payudara yang semakin membesar dan sensitif. Pada bagian puting dan aerola juga terlihat lebih gelap dan sedikit nyeri saat disentuh. Hal ini dikarenakan pembuluh vena pada payudara yang menegang akibat sedang memproduksi hormon HPL (Human Placental Lactogen) untuk persiapan produksi ASI bagi calon bayi. Meski baru memasuki usia kehamilan minggu pertama tetapi tanda ini sudah bisa terlihat. Sayangnya, tanda seperti juga biasa terjadi saat akan menstruasi, jadi akan sedikit sulit untuk dibedakan.

  • Kram perut dan flekcara mengetahui kehamilan sejak dini

Flek dan kram perut bisa terjadi saat proses implantasi (menempelnya embrio pada dinding rahim). Biasanya terjadi sekitar 8-10 hari pasca ovulasi atau setelah terjadi pembuahan, lebih cepat dari waktu haid yang akan datang. Banyak yang salah mengartikan hal ini sebagai menstruasi, hanya waktunya lebih pendek dan sedikit darah. Padahal flek ini sebenarnya merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang jelas terlihat.

  • Mual dan muntahcara mengetahui kehamilan jika Mual dan muntah

Ciri-ciri orang hamil terutama saat hamil muda yang paling umum dialami adalah mual dan muntah atau morning sickness. Penyebabnya tak lain adalah akibat perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh, terutama hormon HCG ( Human Chorionic Gonadotrophin) yang terdapat dalam aliran darah dan saluran kencing saat hamil.

  • Cepat lelahcara mengetahui kehamilan dini

Cara mengetahui kehamilan dini juga bisa terlihat ketika tubuh mulai sering lelah. Saat terjadi kehamilan, tubuh mengalami banyak perubahan termasuk dalam proses metabolisme. Sehingga tubuh perlu menyesuaikan diri terhadap adanya proses baru yaitu pertumbuhan janin. Karena itulah tubuh ibu hamil jadi lebih mudah merasa lelah.

  • Sering buang air kecilSering buang air kecil cara mengetahui kehamilan dini

Perubahan hormon dan ukuran rahim yang mulai membesar akibat adanya janin membuat posisi kandung kemih tertekan dan akibatnya wanita hamil jadi lebih sering kencing.

Tanda awal kehamilan seperti di atas memang bisa dialami oleh sebagian wanita, namun tidak sedikit pula wanita yang sedang hamil muda tidak mengalami ciri-ciri orang hamil seperti di atas, bahkan tidak merasakan ngidam atau keluhan apapun selama awal kehamilan. Semoga ulasan cara mengetahui kehamilan sejak dini bisa bermanfaat bagi Anda.

Tags: cara mengetahui hamil ciri orang hamil gejala kehamilan