Cara Menghitung Masa Subur Wanita agar Cepat Hamil

Jika saat ini Anda dan pasangan sedang berencana untuk segera memiliki anak, maka hal penting yang wajib diketahui adalah cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil. Sebab, dengan cara ini seorang pasangan dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan sehingga peluang terjadinya pembuahan lebih besar. Masa subur dinilai sebagai kondisi paling siap seorang wanita untuk proses terjadinya kehamilan. Karena pada masa inilah proses ovulasi sel telur sedang berlangsung, yaitu sel telur matang keluar dari ovarium menuju tuba falopi dan siap untuk dibuahi.Cara Menghitung Masa Subur Wanita agar Cepat Hamil

Cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil sebenarnya bukan perkara yang sulit. Terlebih sekarang ini sudah ada aplikasi canggih untuk menghitung masa subur yang bernama “kalkulator masa subur”. Aplikasi semacam ini bisa didapat secara gratis dari internet, atau bisa didownload langsung melalui appstore di smartphone Anda. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengetahui cara menghitung masa subur online setelah menstruasi dengan cepat dan mudah. Hanya dengan memasukkan angka-angka sederhana, periode masa subur Anda sudah dapat diketahui dengan jelas.

Selain cara di atas, untuk mengetahui kapan masa subur wanita terjadi, Anda juga dapat menghitungnya secara manual dengan cara yang cepat dan mudah, dengan hasil yang cukup akurat. Berikut adalah caranya.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita agar Cepat Hamil

  • Menghitung masa subur dengan rumus matematis

Cara ini digunakan khusus untuk wanita yang memiliki siklus haid teratur. Puncak masa subur terjadi pada hari ke 14, atau 13 hari setelah tanggal menstruasi pertama. Sebagai contoh, misalkan haid pertama terjadi tanggal 10, maka puncak masa suburnya adalah tanggal 23. Sedangkan untuk 3 hari sebelum dan sesudahnya adalah masa subur biasa. Jadi periode masa subur Anda dimulai dari tanggal 20 sampai tanggal 26.

  • Cara menghitung masa subur wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur

Untuk yang memiliki siklus haid tidak teratur, cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil tidak bisa menggunakan rumus matematis. Sebelumnya, yang harus dilakukan adalah mencatat siklus menstruasi Anda setidaknya selama 6 bulan terakhir. Setelah itu, hitung berapa hari siklus haid terpendek dan terpanjang Anda. Jumlah hari siklus haid terpanjang dikurangi angka 11 untuk mengetahui hari terakhir masa subur Anda pada siklus haid terakhir. Sedangkan hari pertama masa subur bisa diketahui dengan cara jumlah hari siklus haid terpendek dikurangi dengan angka 18.

Contoh, Anda sudah mencatat siklus haid selama 6 bulan dan diketahui siklus terpanjang adalah 31 hari dan siklus terpendek 26 hari. Cara menghitung masa suburnya adalah 31-11=20 (akhir masa subur) dan 26-18=8 (awal masa subur). Jadi periode masa subur Anda adalah dari hari ke-8 sampai ke-20.

  • Mencatat temperatur tubuh

Catat suhu tubuh setiap bangun pagi sebelum beraktifitas. Normalnya, suhu tubuh wanita yang sedang tidak dalam masa subur adalah antara 35-37 derajat celcius. Jika di pagi hari tiba-tiba Anda mendapati suhu tubuh Anda naik setengah derajat, dan terjadi selama beberapa hari hingga menjelang waktu haid berikutnya, maka saat itulah masa subur sedang terjadi.

  • Melihat tekstur lendir rahim

Cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil juga bisa dilakukan dengan cara mengamati cairan yang keluar dari organ intim wanita. Cairan atau lendir ini biasanya akan ikut keluar setelah selesai buang air kecil. Bila kondisinya kering, kental, atau lengket, berarti Anda tidak sedang dalam masa subur. Sedangkan jika lendir/cairan terasa licin, bening seperti putih telur dan elastis, maka itu menandakan Anda sedang dalam masa subur.

Untuk mengetahuinya, bisa dilakukan dengan cara memegangnya dengan dua jari yaitu jempol dan telunjuk, tempelkan keduanya kemudian renggangkan, jika lendir tidak terputus hingga jaraknya lebih dari 1 cm, berarti Anda sedang dalam masa subur.

Beberapa cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil di atas bisa Anda gunakan sebagai patokan untuk melakukan hubungan agar segera berhasil dalam program hamil Anda.

Tags: masa subur program hamil