4 Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu

Sebenarnya, cara menghitung usia kehamilan dalam minggu tidak terlalu sulit. Namun, masih banyak orang awam yang masih belum tahu bagaimana metode penghitungan yang tepat. Padahal asal Anda tahu, Anda juga bisa melakukan penghitungan umur kehamilan sendiri dengan tepat dan akurat.cara menghitung usia kehamilan

Ada beberapa metode menghitung kehamilan yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa menghitung umur kehamilan dengan menggunakan berbagai aplikasi yang bisa diinstal di smartphone. Meski begitu, masih banyak orang yang meragukan dari hasil penghitungan tersebut karena tingkat keakuratannya belum bisa dipastikan.

Cara mengetahui umur kehamilan dalam minggu

Hitungan kalender

Hitungan kalender untuk mengetahui usia janin di dalam kandungan merupakan metode klasik. Akan tetapi cara ini masih sering dipakai karena tingkat keakuratannya juga cukup baik. Meski demikian, metode penghitungan usia kehamilan dengan sistem kalender hanya baik digunakan oleh mereka wanita yang memiliki siklus haid teratur.

Mendeteksi gerakan janin

Untuk bisa mengetahui usian janin di dalam kandungan sudah berapa minggu, kita juga bisa mendeteksi gerakan janin di dalam kandungan. Memang cara ini tidak bisa 100% akurat, akan tetapi setidaknya bisa membantu Anda untuk memperkirakan usia kehamilan yang dialami. Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu bisa diketahui ketika ada gerakan janin di dalam perut. Ketika janin sudah mulai bergerak, biasanya kehamilan sudah memasuki minggu ke 18 atau 20 minggu. Hitungan ini hanya bisa digunakan untuk wanita yang baru hamil pertama kali. Sedangkan untuk wanita yang sudah pernah mengalami kehamilan biasanya gerakan janin akan lebih cepat terasa. Yaitu antara 16 hingga 18 minggu kehamilan janin sudah mulai bergerak.

Sistem fundus uteri

Metode mengetahui kehamilan ini dilakukan dengan meraba bagian rahim, terutama pada bagian yang menonjol pada perut. Penghitungannya sendiri diukur dari tulang kemaluan hingga puncak rahim. Jika Anda memiliki berat badan normal, cobalah untuk mengukur jarak antara tulang kemaluan dengan puncak rahim atau fundus uteri. Caranya yaitu letakkan dua jari dari tulang kemaluan hingga mencapai fundus uteri. Setiap dua jari menandakan dua minggu umur kehamilan.

Cara menghitung usia kehamilan paling akurat

Untuk bisa mengetahui umur janin di dalam kandungan yang paling akurat bisa dilakukan dengan metode USG. Cara mengetahui kehamilan dengan cara ini bisa dibilang merupakan metode yang paling akurat karena menggunakan peralatan yang cukup canggih. Pemeriksaan juga hanya bisa dilakukan oleh tim dari dokter ahli. Selai bisa mengetahui berapa minggu usia kehamilan, pemeriksaan USG juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi di dalam perut.

Anda bisa mencoba beberapa metode penghitungan usia kehamilan seperti di atas. Semoga ulasan cara menghitung usia kehamilan dalam minggu paling akurat seperti di atas bisa bermanfaat.

Tags: alat tes kehamilan usia kehamilan