Cara Mengobati Demam pada Ibu Hamil

Cara mengobati demam pada ibu hamil memang sedikit berbeda dari orang biasa yang tidak sedang hamil, sebab wanita hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi sembarang obat. Demam saat hamil memang biasa terjadi, salah satu penyebabnya adalah karena sistem imun pada wanita hamil cenderung mengalami perubahan dan lebih ditujukkan pada perlindungan janin di dalam kandungan. Selain demam, berbagai masalah kesehatan yang sering menyerang wanita hamil antara lain flu, batuk, pilek, diare, bahkan sakit gigi. Itu semua bisa terjadi pada wanita hamil pada trimester berapa pun.cara mengobati demam pada Ibu hamil

Apabila ibu hamil terkena demam, harus segera dilakukan penanganan yang tepat untuk menghindari segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi pada ibu dan bayi. Obat demam ibu hamil sebaiknya tidak mengandung banyak bahan kimia dan akan lebih baik lagi jika ibu hamil mengonsumsi obat demam alami untuk ibu hamil seperti berikut ini.

Tips pengobatan demam wanita hamil

  • Perbanyak minum air putih

Minum banyak air putih saat demam bisa membantu menstabilkan suhu tubuh dan cepat mengembalikannya ke keadaan normal. Selain itu, air putih juga bersifat menetralkan racun, melancarkan pencernaan agar terhindar dari sembelit, menjaga kesehatan tulang dan berat badan tetap ideal, serta mencegah dehidrasi selama demam dan masa hamil.

  • Minum teh hangat

Secangkir teh hangat bisa meringankan demam yang dialami ibu hamil. Zat yang terkandung di dalam teh dapat mengurangi sekresi yang terjadi di dalam tubuh ibu hamil sehingga suhu tubuh bisa segera turun dan kembali normal.

  • Minum jus segar

Kandungan vitamin dan mineral dalam jus segar yang terbuat dari buah-buahan atau sayuran segar dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Tags: gangguan kehamilan kesehatan ibu hamil tanda bahaya