Cara Mengobati Demam pada Ibu Hamil

Cara mengobati demam pada ibu hamil memang sedikit berbeda dari orang biasa yang tidak sedang hamil, sebab wanita hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi sembarang obat. Demam saat hamil memang biasa terjadi, salah satu penyebabnya adalah karena sistem imun pada wanita hamil cenderung mengalami perubahan dan lebih ditujukkan pada perlindungan janin di dalam kandungan. Selain demam, berbagai masalah kesehatan yang sering menyerang wanita hamil antara lain flu, batuk, pilek, diare, bahkan sakit gigi. Itu semua bisa terjadi pada wanita hamil pada trimester berapa pun.cara mengobati demam pada Ibu hamil

Apabila ibu hamil terkena demam, harus segera dilakukan penanganan yang tepat untuk menghindari segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi pada ibu dan bayi. Obat demam ibu hamil sebaiknya tidak mengandung banyak bahan kimia dan akan lebih baik lagi jika ibu hamil mengonsumsi obat demam alami untuk ibu hamil seperti berikut ini.

Tips pengobatan demam wanita hamil

  • Perbanyak minum air putih

Minum banyak air putih saat demam bisa membantu menstabilkan suhu tubuh dan cepat mengembalikannya ke keadaan normal. Selain itu, air putih juga bersifat menetralkan racun, melancarkan pencernaan agar terhindar dari sembelit, menjaga kesehatan tulang dan berat badan tetap ideal, serta mencegah dehidrasi selama demam dan masa hamil.

  • Minum teh hangat

Secangkir teh hangat bisa meringankan demam yang dialami ibu hamil. Zat yang terkandung di dalam teh dapat mengurangi sekresi yang terjadi di dalam tubuh ibu hamil sehingga suhu tubuh bisa segera turun dan kembali normal.

  • Minum jus segar

Kandungan vitamin dan mineral dalam jus segar yang terbuat dari buah-buahan atau sayuran segar dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tetap sehat dan tidak mudah sakit.

  • Istirahat cukup

Wanita hamil harus selalu menjaga kesehatannya, salah satu caranya dengan cukup istirahat sehingga tidak kelelahan. Terlebih saat ibu hamil terkena demam, maka cara mengobati demam pada ibu hamil yang paling tepat adalah dengan memperbanyak waktu istirahat agar kondisinya cepat membaik. Selain itu, ketika demam ibu hamil disarankan untuk tidak sering keluar rumah apalagi saat cuaca panas karena akan memperburuk kondisi demam.

  • Hindari berpakaian ketat

Pakaian ketat yang dipakai saat hamil akan membuat sulit bernafas, terlebih saat demam. Untuk itu sebaiknya selalu gunakan pakaian longgar selama hamil.

  • Olahraga ringan

Olahraga ringan tetap dapat dilakukan saat ibu hamil terkena demam. Seperti berjalan kaki pada pagi hari untuk menghirup udara segar. Hal ini baik karena dapat membantu melancarkan sirkulasi pernapasan dan baik untuk melawan infeksi yang menjadi penyebab demam. Tetapi harus diperhatikan, olahraga yang dilakukan tidak boleh dipaksakan sehingga membuat ibu hamil kelelahan dan memperburuk sakit yang dialami.

  • Mandi air hangat

Saat demam, ibu hamil disarankan untuk tetap mandi. Hanya saja dengan menggunakan air hangat sehingga tubuh terasa rileks dan nyaman. Mandi air hangat juga bisa jadi cara alami menurunkan demam pada ibu hamil.

Cara mengobati demam pada ibu hamil secara alami seperti di atas tidak akan menimbulkan efek samping dan lebih baik bagi kesehatan ibu hamil tentunya. Namun jika demam yang diderita ibu hamil tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab demam dan cara penanganan yang lebih tepat. Jika perlu, dokter juga akan memberikan obat untuk menurunkan demam ibu hamil.

Tags: gangguan kehamilan kesehatan ibu hamil tanda bahaya