5 Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama, Kedua dan Ketiga

Bagaimana cara menjaga kehamilan trimester pertama, kedua dan ketiga? Tentu masing-masing membutuhkan pengetahuan khusus demi keselamatan bayi yang dikandung dan kesehatan sang Ibu itu sendiri. Oleh karena itu, Anda berada di tempat yang tepat dengan membaca ulasan ini di tandaawalkehamilan.com.cara menjaga kehamilan trimester pertama kedua ketiga

Pada trimester pertama kehamilan, ini merupakan masa-masa yang rawan sehingga harus mendapat perhatian lebih. Sebab pada masa ini, kondisi janin baru terbentuk sehingga masih sangat rawan dan rentan terhadap adanya gangguan. Bila kesehatan Ibu kurang terjaga, bisa berpengaruh buruk bagi keselamatan bayi yang dikandung. Merawat kehamilan pada trimester awal memang tidak mudah. Umumnya sang Ibu yang mengandung membutuhkan perjuangan berat untuk beradaptasi dengan gaya hidup, pola makan dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan. Selain itu, adanya perubahan fisik selama hamil juga mempengaruhi kebebasan ketika si ibu akan bergerak. Jadi tak jarang wanita hamil yang mengalami stres pada awal kehamilan. Ketika tanda tanda kehamilan sudah terlihat, saat itulah perubahan hormon dan bentuk fisik mengalami banyak perubahan.

Cara menjaga kehamilan trimester pertama

Perhatikan nutrisicara menjaga kehamilan

Pada awal kehamilan, Anda haruslah memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Hal ini mengingat pertumbuhan bayi pada trimester awal membutuhkan banyak energi. Jadi, makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh besar terhadap perkembangan bayi di dalam kandungan. Nutrisi diperlukan untuk menjaga kondisi kesehatan janin agar terhindar dari tanda bahaya kehamilan seperti keguguran. Anda harus mengurangi makanan yang mengandung pengawet, makanan dengan bahan kimia dan makanan lain yang tidak alami. Selain itu Anda juga perlu mengurangi asupak kafein karena kurang baik bagi perkembangan janin.

Pola kerja yang terjadwalcara menjaga kehamilan

Ketika tanda awal kehamilan mulai terasa, Anda harus merubah pola kerja agar tidak seperti biasanya. Tubuh Anda memerlukan penyesuaian pada masa kehamilan. Hindari pekerjaan yang terlalu berat dan menguras energi demi keamanan Anda. Jika Anda masih harus bekerja saat hamil, mitalah pekerjaan yang ringan dan sesuai untuk orang yang sedang mengandung.

Kelola emosiKelola emosi

Memasuki masa kehamilan banyak sekali wanita yang mengalami stres. Hal ini wajar karena perubahan hormon yang terjadi pada saat hamil. Selain itu perasaan cemas karena akan menjadi Ibu juga turut menjadi penyebab stres pada ibu hamil. Usahakan untuk mengelola emosi saat hamil agar terhindar dari stres. Wanita yang mengalami stres saat hamil juga bisa berdampak buruk bagi bayinya.

Cara menjaga kehamilan trimester keduaCara menjaga kehamilan trimester kedua

Pada dasarnya, menjaga kehamilan setelah memasuki 4 bukan juga tidak jauh berbeda. Namun Ada beberapa tindakan yang harus dihindari demi keselamatan bayi dalam perut. Selain itu, ada juga beberapa hal yang harus dilakukan dalam menjaga kehamilan.

  • Hindari bekerja terlalu berat. Sebab setelah memasuki trimester 2 kehamilan berat tubuh mulai bertambah. Jadi aktivitas fisik juga harus dikurangi agar Anda tidak merasa kelelahan.
  • Jangan mengambil sesuatu/barang dengan cara membungkuk. Cara ini bisa membuat janin dalam perut jadi tertekan. Ambillah barang di bawah dengan cara jongkok atau posisi lain yang aman.
  • Lakukan perawatan terhadap payudara. Hal ini penting karena proses kelahiran semakin dengan untuk persiapan ASI bagi sang bayi.
  • Konsumsi makanan yang sehat seperti sayuran segar atau buah. Hindari makanan yang terlalu pedas, berlemak dan gorengan.

Cara menjaga kehamilan trimester ketigaCara menjaga kehamilan trimester ketiga

Ini merupakan puncak kehamilan sehingga harus menjaga kesehatannya dengan baik. Karena semakin dengan dengan hari persalinan, maka Anda harus melakukan banyak persiapan untuk kedatangan sang buah hati ke dunia. Apa saja yang harus dilakukan oleh Ibu hamil pada trimester terakhir? Ini dia.

  • Lakukan relaksasi. Bisa dengan memberi sentuhan/pijatan pada area tubuh seperti kaki atau tangan. Jika tubuh merasa rileks, maka proses persalinan juga akan semakin mudah.
  • Perbanyak waktu untuk istirahat. Proses persalinan membutuhkan banyak energi sehingga harus Anda cadangkan setelah memasuki trimester ketiga kehamilan.
  • Hindari makanan dengan kadar garam tinggi. Makanan yang terlalu asin bisa memicu tekanan darah tinggi yang merupakan tanda bahaya kehamilan.
  • Lakukan olahraga ringan untuk menghindari kram pada tubuh. Olahraga diperlukan agar tubuh lebih bugar saat persalinan nanti.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan Ibu hamil yang perlu Anda tahu. Semoga cara menjaga kehamilan trimester pertama kedua dan ketiga ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Tags: keracunan kehamilan kesehatan ibu hamil