Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Cara menjaga kesehatan Ibu hamil sangat penting diketahui. Sebab ketika hamil, kondisi wanita menjadi sangat sensitif sehingga harus benar-benar dijaga kondisinya. Apalagi untuk menjaga perkembangan janin di dalam kandungan, wanita yang sedang hamil juga harus selalu mengonsumsi makanan bergizi agar pertumbuhan janin dalam kandungan semakin optimal.Cara menjaga kesehatan Ibu hamil

Menjaga kesehatan tubuh ketika hamil menjadi kewajiban utama. Sebab kesehatan ketika hamil berkaitan erat dengan kondisi bayi di dalam kandungan. Jika kondisi Ibu yang mengandung sehat, maka kemungkinan besar bayi dalam kandungan juga sehat. Begitu juga sebaliknya ketika kondisi kesehatan wanita hamil terganggu, kemungkinan juga akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan sang bayi yang dikandung. Hal ini karena bayi yang masih di dalam perut hanya menyerap nutrisi dari sang Ibu yang mengandungnya. Tentu jika sang Ibu menginginkan bayinya sehat, maka harus memperhatikan beberapa hal berikut demi menjaga kesehatannya. Apa saja yang diperlukan untuk menaga kondisi wanita hamil agar tetap bugar dan sehat? Berikut beberapa hal yang wajib dilakukan.

Cara menjaga kesehatan Ibu hamil

Periksa kehamilan secara rutin

Ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh semua orang yang sedang hamil. Dengan memeriksa kandungannya secara rutin pada petugas kesehatan, maka Ia akan mengetahui kondisi kehamilannya. Jika terjadi sesuatu dengan kehamilannya, maka akan dapat melakukan pertolongan dengan cepat sehingga bahaya kehamilan bisa dicegah. Periksalah kehamilan Anda tepat waktu sesuai jadwal yang diberikan oleh Bidan atau dokter Anda.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Makanan sehat untuk Ibu hamil sangat penting. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, maka pertumbuhan bayi dalam perut juga bisa lebih optimal. Makanan sehat merupakan faktor penentu kesehatan kandungan bagi wanita yang sedang mengandung. Contoh makanan sehat yang penting bagi wanita hamil antara lain buah, sayuran, kacang-kacangan dan telur. Jika tidak dibutuhkan, Anda tak perlu mengonsumsi suplemen apapun karena makanan yang alami lebih baik.

Rutin menjalani olahraga

Ibu yang sedang hamil juga tetap harus menjalani olahraga secara teratur. Akan tetapi, harus memilih jenis olahraga yang tidak terlalu berat sehingga tetap aman bagi kehamilan. Cukup jalani saja olahraga ringan, asalkan bisa membuat tubuh aktif dan berkeringat sudah cukup bermanfaat. Olahraga yang cocok bagi Ibu hamil antara lain senam hamil, jalan-jalan, dan lainnya. Dengan menjalani olahraga rutin, bayi yang dikandung juga bisa lebih aktif, rileks dan tumbuh optimal.

Cukup istirahat

Cara menjaga kesehatan Ibu hamil juga harus mendapatkan porsi istirahat yang cukup. Wanita yang sedang hamil tidak boleh kelelahan. Aktifitas fisik yang terlalu berat dan menyebakan kelelahan bisa berdampak buruk bagi kesehatan bayi yang dikandung.

Banyak minum air putih

Konsumsi air putih pada masa hamil juga harus diperhatikan. Dengan asupan air putih yang cukup, maka Ibu hamil bisa terhindar dari sembelit. Sembelit merupakan jenis penyakit yang kerap menyerang pada wanita yang sedang mengandung. Ketika kebutuhan cairan tercukupi, metabolisme tubuh juga akan semakin lancar sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Biasakan menjalani gaya hidup sehat

Agar Ibu hamil tetap sehat, penting juga memperhatikan gaya hidup sehari-hari. Selalu cuci tangan sebelum makan agar kuman tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Hal seperti ini sering dianggap sepele namun kerap menjadi pintu masuknya penyakit ke dalam tubuh. Karena itu, penyakit flu dan batuk bisa saja menyerang wanita yang hamil.

Jangan sembarang minum obat

Wanita yang sedang hamil tidak diijinkan minum sembarang obat kecuali dengan resep dokter. Apalagi obat warung yang diminum tanpa resep yang jelas. Sebagai solusi penyembuhan, lebih baik gunakan cara alami agar lebih aman.

Cara di atas sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Namun harus mendapat perhatian khusus agar Ibu yang seang hamil senantiasa sehat dan bayinya bisa lahir dengan selamat. Lakukan cara menjaga kesehatan Ibu hamil di atas saat Anda menantikan kehadiran sang buah hati.

Tags: gangguan kehamilan kesehatan ibu hamil usia kehamilan