Cara Merawat Bayi Baru Lahir agar Selalu Sehat

Cara merawat bayi baru lahir agar selalu sehat tentu bukanlah pekerjaan mudah. Terlebih bagi para orangtua baru. Tak jarang, mereka membutuhkan bantuan dari ibu maupun babysitter untuk membantu mengurus bayi mereka. Merawat bayi baru lahir memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Selain itu, tubuh bayi baru lahir yang mungil membuat kita harus sangat hati-hati ketika melakukan perawatan bayi baru lahir ini.

Perawatan bayi baru lahir harus dilakukan dengan benar dan secara menyeluruh pada setiap anggota tubuhnya. Sebab, jika tidak dirawat dengan baik dan kebersihannya tidak dijaga, bayi akan rentan mengalami gangguan kesehatan. Untuk itu, mari kita simak tips perawatan bayi baru lahir beserta bagian-bagian tubuh bayi yang penting untuk diperhatikan saat merawat bayi baru lahir.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir agar Selalu Sehat

Cara merawat bayi baru lahir agar selalu sehat

  • Mata

Pada bayi baru lahir, saluran air mata belum terbuka sempurna. Hal ini sering mengakibatkan air mata tergenang pada mata bayi dan menimbulkan tahi mata. Jika terus dibiarkan, ini bisa membahayakan kornea mata. Sebaiknya, lakukan pemijatan lembut pada area sudut mata bayi ke bawah, atau ke arah hidung 5-10 kali dengan jari yang tidak berkuku panjang atau menggunakan cotton buds yang dibasahi air hangat. Lakukan hal ini kurang lebih selama 2 minggu, karena setelah itu saluran air mata bayi sudah terbuka sempurna dan berfungsi dengan baik. Sedangkan tahi mata bayi bisa dibersihkan menggunakan kapas steril yang dibasahi air matang. Jangan lupa selalu gunakan satu kapas pada masing-masing mata.

  • Kulit

Kulit bayi baru lahir harus dijaga kebersihan dan kesehatannya. Sebab, kulit bisa menjadi “makanan empuk” kuman-kuman yang dapat memicu gangguan kesehatan, terutama untuk bayi yang kulitnya masih sangat lembut dan sensitif. Untuk menjaga kebersihannya, bayi baru lahir harus dimandikan minimal 1 kali sehari, sebab bayi belum begitu tahan dingin. Memandikan bayi bisa dilakukan dengan merendamnya dalam bak mandi atau cukup dengan mengelapnya menggunakan washlap basah yang telah diberi sabun bayi. Pilih sabun bayi yang mengandung pro vitamin B5 untuk merawat kesehatan kulit, menjaga kulit tetap halus, dan memberi rasa nyaman pada bayi.

Agar kulit bayi tetap lembab dan tidak kering, gunakan baby oil yang mengandung vitamin E, yang bermanfaat agar kulit tetap halus, lembut, dan terhindar dari lecet. Sedangkan untuk mencegah biang keringat yang kerap dialami oleh bayi, bisa dilakukan dengan cara menjaga suhu dan temperatur ruangan bayi senyaman mungkin. Ventilasi ruangan harus baik. Selain itu, pada jam-jam panas lap bagian tubuh bayi yang banyak mengeluarkan keringat dengan kapas yang dibasahi air hangat, atau tisu basah non alkohol. Lakukan sesering mungkin, terutama pada daerah-daerah lipatan.

  • Kulit kepala

Masalah kulit kepala yang sering dialami oleh bayi adalah cradle crap, atau kerak di kulit kepala yang bisa disebabkan oleh polusi dan debu. Meskipun tidak membahayakan, hal ini tentu saja mengganggu. Cara merawat bayi baru lahir untuk masalah kerak di kulit kepala ini bisa dilakukan dengan cara membersihkannya menggunakan air matang setelah diberi obat dari dokter. Tapi jangan terlalu keras, karena setelah diberi obat kerak ini juga akan mengelupas dengan sendirinya.

Bisa juga memakai baby oil. Diamkan selama 10-15 menit, lakukan pijatan lembut, dan diakhiri dengan pencucian. Sekali lagi, jangan pernah melakukan pijatan atau membersihkannya dengan keras. Sebab jika sampai berdarah dan infeksi bisa berbahaya.

Untuk mencegah timbulnya kerak di kulit kepala bayi, usahakan kulit kepala bayi selalu sejuk dan kering. Hindari memakaikan topi atau penutup kepala terlalu lama. Karena keringat bisa menyebabkan kerak makin parah.

  • Rambut

Untuk menumbuhkan rambut bayi tidak harus menggunakan sampo. Akan lebih baik jika menggunakan bahan alami yaitu seledri. Jika ingin menggunakan sampo bayi, pilihlah yang mengandung pro vitamin B5 agar rambut bayi tetap sehat, mudah diatur, dan bercahaya. Gunakan cukup 2 kali seminggu. Basahi rambut bayi dengan semprotan atau mengusapnya dengan tangan, tuangkan 1-2 tetes sampo, gosok lembut hingga berbusa. Ingat, sampo jangan sampai mengenai mata bayi. Bilas menggunakan air hingga bersih secara perlahan.

Tags: melahirkan bayi merawat bayi