Ciri Ciri Awal Kehamilan Satu Minggu

Ciri ciri kehamilan awal minggu pertama

Perubahan suasana hati

Bukan hanya perubahan secara fisik, wanita yang sedang hamil juga mengalami perubahan suasana hatinya. Pada awal kehamilan, suasana hati wanita cenderung mudah berubah. Perubahan hormon di dalam tubuh juga sangat mempengaruhi suasana hatinya. Oleh karena itu, wanita yang sedang hamil cenderung mengalami stres akibat perubahan suasana hati yang tidak menentu. Namun setelah kehamilan 5 bulan, wanita cenderung lebih bahagia karena sudah terbebas dari masalah yang menjadi beban.

Sering mual

Mual dan muntah atau disebut morning sickness merupakan ciri ciri awal kehamilan yang bisa terjadi sejak minggu pertama. Mual ataupun muntah yang terjadi pada kehamilan awal sebenarnya wajar terjadi. Asalkan tidak berlebihan, hal ini tak perlu dikhawatirkan. Namun pada beberapa kasus, mual dan muntah yang terjadi wanita hamil bisa sangat parah sehingga perlu diwaspadai. Mual serta muntah yang sangat parah terkadang bisa menyebabkan sang Ibu tidak bisa mengasup makanan. Hal ini tentu berbahaya karena bisa menyebabkan perkembangan janin terganggu. Jika terjadi tanda bahaya kehamilan seperti ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penanganan.

Mudah lelah

Jika biasanya Anda merasa bertenaga, setelah memasuki masa kehamilan Anda bisa kehabisan tenaga. Anda akan merasa mudah lelah karena energi digunakan untuk pembentukan janin di dalam kandungan. Rasa lelah dan kehabisan tenaga ini biasanya akan terus terjadi hingga akhir trimester pertama kehamilan.

Nyeri pada payudara

Nyeri yang terjadi pada payudara bisa jadi merupakan ciri ciri kehamilan. Payudara juga akan lebih sensitif karena perubahan hormon saat hamil. Ukurannya akan semakin membesar karena mempersiapkan untuk produksi ASI ketika kelahiran sang bayi nanti. Perubahan pada payudara ini bisa menjadi tanda pertama yang Anda rasakan ketika hamil.

Pusing dan sakit kepala

Rasa pusing dan sakit kepala juga kerap terjadi pada orang yang baru hamil. Bahkan terkadang sampai pingsan karena tubuh kehilangan energi. Jika wanita hamil mengalami pingsan, ini patut diwaspadai karena bisa berisiko terhadap kehamilan. Lebih baik lakukan pertolongan dengan cepat agar terhindar dari segala kemungkinan terburuk.

Tanda tanda kehamilan minggu pertama tersebut sebaiknya Anda kenali dengan teliti. Jadi Anda bisa mempersiapkan kehamilan dengan lebih baik setelah mengetahui ciri ciri awal kehamilan tersebut.

Tags: ciri orang hamil gejala kehamilan