Ciri Ciri Kehamilan 1 Minggu Pertama Secara Fisik dan Non Fisik

Sebenarnya, ciri ciri kehamilan minggu pertama memang masih cukup sulit untuk dikenali. Namun kebanyakan pasangan baru sudah penasaran dan ingin mengetahui apakah dirinya sedang hamil atau belum. Memang ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa kita lihat,  terutama perubahan tubuh yang bisa menjadi ciri fisik awal kehamilan.ciri ciri kehamilan 1 minggu sebelum terlambat datang bulan

Biasanya, orang mengetahui kehamilan dengan pertanda datangnya mual dan muntah terus menerus hampir tiap hari. Akan tetapi, mual dan muntah juga tidak selalu menjadi tanda kehamilan 1 minggu. Mungkin saja mual dan muntah yang terjadi pada Anda hanyalah karena masuk angin atau memang Anda sedang sakit.

Tanda tanda kehamilan memang sangat beragam, semua itu juga masih tergantung dengan kondisi wanita yang sedang hamil. Sedangkan ciri ciri awal kehamilan itu bisa dibagi menjadi dua, yaitu tanda tanda wanita hamil secara medis dan non medis.

Ciri awal kehamilan 1 minggu

Secara non medis

  • Ciri wanita hamil secara fisik

Tanda kehamilan 1 minggu pertama juga bisa dilihat secara fisik. Akibat terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh, maka kondisi fisik wanita juga akan mengalami perubahan.  Perubahan yang bisa terlihat antara lain:

  1. Terjadinya bercak darah yang keluar dari jalan lahir. Hal ini sangat wajar terjadi pada kehamilan minggu pertama karena proses menempelnya janin pada rahim yang bisa menyebabkan perdarahan ringan. Ciri ciri kehamilan 1 minggu pertama ini disebut proses implantasi dari calon janin pada dinding rahim. Jumlah darah yang dikeluarkan sangat sedikit, jadi beda dengan darah menstruasi.
  2. Perut terasa kram dan nyeri. Hal ini juga sangat wajar terjadi, namun masih ada saja yang menganggap gejala ini seperti gejala yang terjadi sebelum menstruasi. Rasa nyeri yang terjadi pada perut ini juga karena proses implantasi. Jadi selain mengeluarkan flek darah, perut juga bisa terasa kram pada minggu pertama kehamilan.
  • Ciri wanita hamil secara non fisik

Pertanda awal kehamilan juga bisa dilihat secara non fisik. Biasanya, ciri-ciri yang terjadi lebih kepada perasaan sang wanita itu sendiri. Hal yang paling lumrah terjadi yaitu ngidam. Biasanya wanita yang sedang hamil akan merasa memiliki keinginan terhadap sesuatu yang sangat kuat, misalnya makanan. Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa jika ngidam dituruti akan berdampak pada anaknya. Namun sebenarnya perasaan seperti ini adalah perasaan yang wajar. Jadi tak perlu takut dan cemas jika Anda merasa menginginkan sesuatu karena ngidam juga berhubungan dengan perubahan hormon selama kehamilan.

Ciri ciri kehamilan secara medis

Setelah Anda merasakan tanda-tanda kehamilan seperti di atas, maka Anda membutuhkan tes medis untuk meyakinkannya. Dengan tes kehamilan, maka Anda benar-benar yakin bahwa Anda memang sedang hamil, jadi bukan hanya menduga-duga saja. Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kehamilan secara medis? Ini dia.

  • Menggunakan alat tes kehamilan

Cara paling mudah untuk mengetahui kehamilan yaitu dengan menggunakan alat tes kehamilan atau testpack. Alat ini bisa didapat dengan mudah di apotek dan harganya sangat terjangkau. Dengan melakukan tes kehamilan menggunakan tespack, tingkat keakuratannya juga cukup tinggi. Namun untuk saran, belilah alat tes kehamilan dengan merk yang baik agar hasilnya juga lebih akurat.

  • Periksa USG

Ini juga bisa menjadi cara untuk mengetahui awal kehamilan secara akurat. Tes USG dilakukan oleh dokter di laboratorium untuk melihat kondisi janin secara langsung. Prosedur ini juga bisa untuk mengetahui jenis kelamin bayi ketika bayi dalam kandungan sudah mulai membesar.

Anda harus paham tentang tanda-tanda wanita hamil di atas. Hal ini bertujuan agar bisa mempersiapkan kehamilan lebih baik. Semoga ulasan ciri ciri kehamilan minggu pertama di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Tags: ciri orang hamil gejala kehamilan