Ciri Fisik Awal Kehamilan pada Wanita

Seperti apa sih ciri fisik awal kehamilan minggu pertama?Apakah sudah bisa dilihat dan diketahui? Berikut ulasan lengkap dari tandaawalkehamilan.com untuk Anda.Ciri fisik awal kehamilan

Tanda-tanda kehamilan sebenarnya sudah bisa diketahui sejak minggu pertama. Namun belum begitu jelas terlihat jika kita tidak teliti. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan yang lebih mendetail untuk mengetahui tanda awal kehamilan tersebut. Meskipun perubahan fisik pada kehamilan awal ini sudah terjadi, namun masih dalam skala kecil. Jadi perubahan tersebut belum bisa dilihat secara sekilas, tapi harus diperhatikan benar-benar untuk mengetahuinya. Bahkan terkadang, banyak wanita yang salah paham dengan ciri ciri kehamilan tersebut. Sehingga banyak yang menganggap tanda tanda yang muncul hanyalah gejala biasa, bukan merupakan pertanda wanita hamil. Hal ini tentu sangat wajar karena perubahan tersebut cukup sepele, jadi belum bisa menyimpulkan apakah perubahan yang terjadi merupakan gejala awal kehamilan.

Sebagai seorang wanita yang sudah sangat menginginkan kehamilan, Anda harus benar-benar teliti dengan perubahan fisik yang terjadi. Anda harus membekali diri dengan pengetahuan yang cukup tentang kehamilan. Dengan pengetahuan yang cukup, Anda tentu bisa memahami dengan kondisi kehamilan nantinya. Jadi tidak terlalu panik dengan kondisi yang terjadi. Untuk itu, Anda harus benar-benar mengerti tentang tanda kehamilan yang mungkin terjadi. Apa saja ciri-ciri tersebut? Inilah penjelasan lengkapnya.

Ciri fisik awal kehamilan minggu pertama

Payudara lebih sensitif dan membengkak

Ini merupakan perubahan pada fisik yang paling awal terjadi pada wanita yang sedang hamil. Terkadang payudara terasa nyeri dan sakit ketika disentuh. Payudara juga akan mengalami pembengkakan atau menjadi lebih besar dari ukuran sebelumnya. Payudara akan lebih berisi karena untuk mempersiapkan produksi ASI saat kelahiran sang bayi nanti. Selain itu, warna areola pada payudara juga akan lebih hitam dan gelap. Hal ini bertujuan agar sang bayi lebih mudah menemukan lokasi payudara Ibunya ketika menyusui.

Bentuk tubuh berubah

Gejala awal kehamilan pada minggu pertama yang lain yaitu berubahnya bentuk tubuh. Wanita yang sedang hamil akan terlihat lebih “montok” dari biasanya. Perubahan tersebut meliputi bagian bokong, paha, lengan dan dada yang menjadi lebih besar dan berisi. Ciri fisik awal kehamilan tersebut membuat tubuh wanita terlihat seperti membengkak.

Mudah lelah

Perubahan fisik pada wanita hamil juga meliputi kondisi tenaganya. Setelah memasuki masa kehamilan, wanita cenderung lebih mudah lelah dan sering merasa ngantuk. Jadi wajar saja jika pada awal kehamilan wanita cenderung lebih sering tidur. Perasaan yang mudah lelah ini juga disebabkan karena proses pembentukan janin di dalam kandungan.

Morning sickness

Ciri ciri orang hamil yang paling umum yaitu mengalami mual dan muntah atau disebut morning sickness. Mual dan muntah merupakan pertanda awal kehamilan yang terjadi pada banyak wanita. Biasanya gejala ini muncul pada pagi hari, oleh karenanya disebut dengan istilah morning sickness. Namun demikian, banyak wanita yang mengalami mual dan muntah hingga siang hari atau sepanjang hari. Jika hal tersebut terjadi, lebih baik konsultasi dengan dokter untuk mengatasinya. Sebab rasa mual yang terus berlanjut bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan mengganggu kehamilan. Jika tidak diobati, hal ini bisa menjadi tanda bahaya kehamilan yang mengancam keselamatan sang bayi.

Masa kehamilan pada minggu-minggu pertama memang sangat rentan mengalami masalah. Oleh karena itu, Anda harus senantiasa menjaga kesehatan dan konsultasi kehamilan dengan dokter. Dengan mengetahui ciri fisik awal kehamilan minggu pertama ini, semoga Anda dapat menjaga kehamilan dengan baik.

Tags: ciri orang hamil gejala kehamilan