Daftar Makanan dan Minuman yang Dapat Menggugurkan Kandungan

Memilih jenis makanan yang baik untuk ibu hamil merupakan kewajiban setiap ibu hamil agar janin dalam kandungannya selalu sehat. Sebab, ketika ibu hamil salah mengonsumsi jenis makanan tertentu, bisa berdampak terhadap kesehatan diri dan janin dalam kandungannya. Risiko terbesar adalah terjadinya keguguran pada janin. Tentu hal ini sangat tidak diharapkan. Karena itu, setiap ibu hamil wajib tahu daftar makanan dan minuman yang dapat menggugurkan kandungan.daftar makanan dan minuman yang dapat menggugurkan kandungan.

Makanan dan minuman yang harus dihindari oleh ibu hamil ini tentunya memiliki alasan khusus yang membuatnya  tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Mungkin karena memiliki kandungan-kandungan tertentu yang bisa membahayakan kondisi janin, atau yang lainnya. Agar lebih jelas, mari kita simak daftar makanan dan minuman yang dapat menggugurkan kandungan berikut ini.

Daftar makanan dan minuman yang dapat menggugurkan kandungan

  • Durian

Buah durian merupakan salah satu jenis makanan yang bisa menggugurkan kandungan. Sebab di dalam buah durian memiliki kandungan asam arachidonat yang jika dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil dapat memicu terbentuknya senyawa prostaglandin. Senyawa ini dapat bereaksi cukup cepat, mengakibatkan kontraksi dini, dan merusak janin secara permanen.

  • Nanas muda

Buah nanas yang sudah matang memang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bagaimana dengan nanas muda? Nanas yang masih muda mengandung enzim bromelain yang sangat tinggi, sehingga ibu hamil wajib menghindari buah ini, terutama saat trimester pertama kehamilan. Enzim bromelain ini dapat bereaksi sangat cepat terhadap rahim dan suhu air ketuban, dampaknya yaitu pertumbuhan janin terhambat yang semakin lama membuat janin berhenti berkembang. Sehingga kemungkinan fatal dapat menyebabkan keguguran.

Banyak orang memilih buah nanas muda sebagai cara menggugurkan kandungan dengan mudah, tetapi hal ini sangat tidak dianjurkan karena menggugurkan kandungan dengan sengaja merupakan dosa yang sangat besar.

  • Pepaya muda

Buah pepaya muda masih mengandung cukup banyak getah, dan apabila dikonsumsi oleh ibu hamil bisa menyebabkan kontraksi pada otot-otot di sekitar organ kewanitaan. Sehingga pepaya muda juga termasuk makanan yang bisa menggugurkan kandungan. Lagipula buah pepaya muda juga memiliki rasa yang tidak begitu enak, untuk itu ibu hamil lebih baik menghindarinya.

  • Keju feta

Keju feta bukan terbuat dari susu sapi, melainkan susu domba yang biasanya ditambahkan dengan susu kambing. Keju putih lembut dan berasa asin ini juga dikhawatirkan mengandung listeriosis. Jika ibu hamil sampai terinfeksi listeriosis ini, maka bisa menyebabkan kelahiran prematur, keguguran, dan menyebabkan penyakit parah lainnya. Untuk ibu hamil, sebaiknya memilih keju mozarella yang lebih aman dan dipasteurisasi dengan baik.

  • Ikan tenggiri

Beberapa jenis ikan laut memang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi, termasuk ikan tenggiri. Omega 3 memang sangat dibutuhkan tubuh, terutama wanita hamil. Tetapi untuk jenis ikan seperti tenggiri, tuna sirip biru, kerapu, dan monkfish, kandungan merkuri yang terdapat di dalamnya sangat tinggi, sehingga tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahaya dari merkuri ini adalah dapat merusak otak dan sel syaraf janin. Di samping itu, makanan yang harus dihindari ibu hamil lainnya adalah ikan mentah atau sushi karena dikhawatirkan masih banyak mengandung bakteri di dalamnya.

Jika ibu hamil ingin mengonsumsi ikan, sebaiknya pilih jenis ikan yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil seperti ikan salmon, udang, tuna, atau nila.

  • Daging olahan (sosis)

Berbagai jenis daging olahan seperti sosis tidak dianjurkan untuk ibu hamil sebab berisiko menyebabkan listeriosis. Yaitu penyakit bawaan dari makanan yang sangat berbahaya. Akibatnya dapat mengugurkan kandungan, kelahiran prematur, kematian janin di dalam kandungan, dan berbagai penyakit lainnya.

  • Hati

Hati mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Kelebihan vitamin A, terutama pada trimester pertama kehamilan bisa menyebabkan bayi lahir cacat. Namun vitamin A juga penting karena merupakan bentuk dari beta karoten yang baik untuk kehamilan. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A sewajarnya saja.

  • Telur mentah

Telur mentah dikhawatirkan mengandung  salmonella. Meskipun janin tidak bisa terinfeksi salmonella secara langsung, tapi ibu yang terinfeksi dapat menularkannya kepada janin dan akibat fatalnya dapat menyebabkan keguguran.

  • Tape atau makanan dan minuman bersoda

Seperti halnya minuman keras, jenis makanan seperti tape dan minuman bersoda juga tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dan masuk dalam daftar makanan dan minuman yang dapat menggugurkan kandungan.

  • Kafein

Batas aman ibu hamil untuk mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh adalah maksimal 200 mg per hari (satu cangkir). Kafein dapat menembus plasenta dan berpengaruh terhadap detak jantung janin, dan berisiko melahirkan bayi dengn berat badan rendah.

Baca juga: Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

  • Minuman keras

Minuman keras berkadar tinggi sangat jelas dapat merusak organ tubuh manusia. Terlebih bagi janin dalam kandungan yang masih sangat lemah. Kalaupun tidak terjadi keguguran, dampak yang ditimbulkan akibat minuman keras ini antara lain adalah janin yang dilahirkan bisa mengalami;

  1. Gangguan  mental
  2. Kerusakan otak
  3. Kelahiran prematur
  4. Berat badan rendah
  5. Bentuk kepala abnormal/aneh
  6. Daya ingat dan pernafasan terganggu.

Itulah daftar makanan dan minuman yang dapat menggugurkan kandungan. Ibu hamil wajib waspada dan sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Tags: keguguran makanan sehat makanan yang bisa menggugurkan kandungan