Daftar Makanan dan Minuman yang Dapat Menggugurkan Kandungan

  • Hati

Hati mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Kelebihan vitamin A, terutama pada trimester pertama kehamilan bisa menyebabkan bayi lahir cacat. Namun vitamin A juga penting karena merupakan bentuk dari beta karoten yang baik untuk kehamilan. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A sewajarnya saja.

  • Telur mentah

Telur mentah dikhawatirkan mengandung  salmonella. Meskipun janin tidak bisa terinfeksi salmonella secara langsung, tapi ibu yang terinfeksi dapat menularkannya kepada janin dan akibat fatalnya dapat menyebabkan keguguran.

  • Tape atau makanan dan minuman bersoda

Seperti halnya minuman keras, jenis makanan seperti tape dan minuman bersoda juga tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dan masuk dalam daftar makanan dan minuman yang dapat menggugurkan kandungan.

  • Kafein

Batas aman ibu hamil untuk mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh adalah maksimal 200 mg per hari (satu cangkir). Kafein dapat menembus plasenta dan berpengaruh terhadap detak jantung janin, dan berisiko melahirkan bayi dengn berat badan rendah.

Baca juga: Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

  • Minuman keras

Minuman keras berkadar tinggi sangat jelas dapat merusak organ tubuh manusia. Terlebih bagi janin dalam kandungan yang masih sangat lemah. Kalaupun tidak terjadi keguguran, dampak yang ditimbulkan akibat minuman keras ini antara lain adalah janin yang dilahirkan bisa mengalami;

  1. Gangguan  mental
  2. Kerusakan otak
  3. Kelahiran prematur
  4. Berat badan rendah
  5. Bentuk kepala abnormal/aneh
  6. Daya ingat dan pernafasan terganggu.

Itulah daftar makanan dan minuman yang dapat menggugurkan kandungan. Ibu hamil wajib waspada dan sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Tags: keguguran makanan sehat makanan yang bisa menggugurkan kandungan