Daftar Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

Ketika anda sedang menyusui, jelas saja ada beberapa makanan yang harus anda hindari untuk menjaga asupan gizi yang anda berikan. Dengan mengetahui beberapa makanan yang dilarang untuk ibu menyusui, anda diharapkan bisa menghindari beberapa makanan yang bisa memberikan efek tidak baik bagi anda maupun bayi anda.Daftar Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

Nah, agar anda tidak salah-salah lagi memilih makanan ketika anda sedang menyusui, berikut beberapa makanan yang dilarang untuk ibu menyusui yang harus anda ketahui :

  1. Makanan Mentah

Apakah anda merupakan salah satu penggemar dari makanan mentah? Jika iya, selama dalam masa menyusui sebaiknya anda menghindari kebiasaan tersebut dikarenakan makan mentah merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.Makanan mentah masih rawan dengan pestisida yang digunakan ketika dalam proses penanaman.

Sedangkan untuk makanan dari hewan, banyak kemungkinan mengandung bakteri yang tidak baik untuk tubuh anda sendiri maupun untuk bayi anda.

  1. Minuman Berkafein

Bagi sebagian orang, minuman berkafein seperti kopi sudah menjadi minuman yang harus dikonsumsi setiap harinya.Namun, ketika anda sedang menyusui, tentu saja anda harus lebih berhati-hati. Minuman yang berkafein bisa dibilang sebagai beberapa makanan yang dilarang untuk ibu menyusui karena ditakutkan dapat memberi efek yang tidak baik, seperti jantung yang akan berdetak lebih cepat.

Karena mengkonsumsi minuman berkafein, bayi anda juga akan menjadi lebih rewel dan juga akan menjadi susah tidur.

  1. Junkfood atau Makanan Cepat Saji

Bukan lagi menjadi rahasia bahwa makanan cepat saji tidak sehat, bukan hanya untuk ibu menyusui, namun juga bagi semua orang.Hal ini dikarenakan makanan cepat saji memiliki kandungan kalori yang sungguh tidak baik.Jadi, tidak perlu dipertanyakan lagi mengapa bisa menjadi makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.

  1. Ikan Dengan Merkuri

Untuk beberapa jenis ikan yang hidup di laut memang mengandung merkuri yang banyak, sehingga akan lebih baik untuk dihindari. Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui satu ini bisa menimbulkan masalah pada sistem syaraf ataupun otak bayi. Jika anda ingin mengkonsumsi ikan laut, pilihlah yang ukurannya masih kecil, karena biasanya ikan yang masih kecil akan mengandung merkuri yang masih sedikit pula.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas juga menjadi makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.Mengapa?Karena selain dapat mempengaruhi rasa dari ASI anda, dengan mengkonsumsi makanan pedas juga akan berpengaruh pada bayi anda yang akan menjadi lebih rewel.Oleh karena itu, anda harus benar-benar menjauhi segala makanan yang pedas.

Baca juga: Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Gemuk

  1. Makanan Yang Mengandung Peppermint

Mungkin ada beberapa dari anda yang gemar melahap makanan yang terdapat peppermint di dalamnya.Sayangnya, peppermint menjadi makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.Hal ini dikarenakan peppermint bisa mempengaruhi produksi dari ASI anda juga akan membuat bayi anda menjadi lebih sering menangis.

Semoga bermanfaat.

Tags: ibu menyusui makanan sehat