10 Faktor Penyebab Wanita Susah Hamil dan Solusinya

Kehadiran buah hati menjadi dambaan setiap pasangan yang telah menikah. Bagi yang beruntung, tidak akan menunggu lama untuk mendapatkan momongan. Tetapi banyak juga pasangan yang sudah menikah cukup lama namun tanda-tanda kehamilan belum juga dirasakan.

Sebenarnya, ada banyak faktor penyebab wanita susah hamil yang turut memengaruhi masalah sulit hamil ini. Kondisi kesehatan dari pasangan, baik suami maupun istri merupakan penyebab sulit hamil yang paling umum terjadi.10 Faktor Penyebab Wanita Susah Hamil dan Solusinya

Berikut ini kami rangkum hal-hal yang bisa menyebabkan seorang wanita sulit hamil beserta solusinya untuk Anda.

10 Faktor Penyebab Wanita Susah Hamil

  • Menunda kehamilan terlalu lama

Terlalu sibuk bekerja atau sedang menempuh pendidikan tinggi lanjutan terkadang membuat orang ingin menunda kehamilan. Tapi tahukah jika menunda kehamilan terlalu lama, terlebih menggunakan alat kontrasepsi tertentu bisa mempengaruhi kesuburan wanita.

  • Menopause dini

Menopause dini ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi seorang wanita sebelum usia 40 tahun. Kejadian ini tentu saja membuat tidak adanya sel telur yang dapat dibuahi sehingga kemungkinan hamil jelas tidak ada. Menopause dini bisa disebabkan radiasi yang memicu gangguan sistem kekebalan tubuh wanita.

  • Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup jelas memengaruhi kesuburan wanita. Kebiasaan merokok, minuman keras, obat-obatan, wanita yang sering kerja larut malam, dan kecanduan kafein, bisa membuat wanita sulit hamil. Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji juga berdampak pada kesuburan karena mengandung banyak lemak tak sehat.

  • Usia

Usia paling subur seorang wanita adalah 19-26 tahun, sedangkan untuk pria adalah usia 25 tahun. Wanita yang telah berumur lebih dari 30 tahun kemungkinan untuk hamil lebih kecil karena jumlah produksi sel telur dan kualitasnya yang sudah berkurang. Jadi, semakin tua usia seseorang, kemungkinan untuk bisa hamil semakin kecil.

  • Riwayat kesehatan

Faktor penyebab wanita susah hamil lainnya adalah riwayat kesehatan yang dialami misalnya memiliki penyakit seperti Gonore atau Chlamydia, penyakit diabetes/tiroid, keguguran/aborsi, infeksi rahim, usus buntu yang pecah, operasi di sekitar perut, dan pernah  mengalami kehamilan di luar rahim, bisa membuat wanita sulit hamil. Wanita yang sedang menjalani radioterapi untuk pengobatan kanker juga berisiko mengalami gangguan kesuburan akibat radiasi yang ditimbulkan.

  • Tuba falopi yang tersumbat

Jika saluran tuba falopi tersumbat, maka sel telur tidak akan bisa keluar dan mencapai rahim, akibatnya tidak dapat bertemu dan dibuahi. Saluran tuba falopi juga bisa rusak akibat infeksi penyakit terutama oleh klamidia. Bisa juga karena radang panggul atau setelah operasi kehamilan ektopik.

  • Endometriosis

Endometriosis ialah keadaan dimana sel-sel yang seharusnya tumbuh di dalam rahim, justru tumbuh di luar rahim sehingga bisa mengganggu fungsi dari beberapa organ seperti telur, indung dan saluran telur dan rahim. Endometriosis bisa mengganggu kesuburan bahkan dapat menyebabkan kerusakan rahim. Mekipun pada kasus yang ringan, konsepsi masih bisa terjadi karena tingkat kesuburan wanita belum terganggu.

  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik menyebabkan peningkatan produksi hormon androgen yang berakibat mengganggu kesuburan wanita. Keadaan ini ditandai dengan terganggunya siklus ovulasi dan datang bulan yang tidak teratur.

  • Masalah tiroid

Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif, sedangkan hipotiroidisme atau kelenjar tiroid yang kurang aktif, keduanya berpengaruh terhadap masalah infertilitas (kesuburan) dari seorang wanita.

  • Kualitas

Jumlah dan kualitas yang akan membuahi sel telur harus benar-benar dijaga. Setidaknya jumlah sel harus lebih dari 20 juta untuk dapat membuahi sel telur matang. Sedangkan untuk mempertahankan kualitas, suami harus menjalani pola hidup sehat, jangan memakai celana dalam yang ketat, terlebih saat tidur, jangan sering menaruh laptop di pangkuan, dan jangan melakukan aktivitas/olahraga berlebihan yang bisa menyebabkan mati karena suhu internal testis yang meningkat tajam.

Baca juga: 10 Tips Jitu agar Cepat Hamil

Poin-poin di atas hanyalah 10 dari sekian banyak faktor penyebab wanita susah hamil yang mungkin Anda alami. Solusinya adalah, jalankan program hamil yang sehat dan Anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan untuk mengetahui lebih jelas penyebab kesulitan Anda untuk hamil. Jika ternyata ada gangguan kesehatan, maka dapat segera diatasi. Jangan lupa terus berdoa, karena kehamilan adalah kuasa dari Tuhan.

Tags: cara cepat hamil gangguan kehamilan