5 Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama

Sangat penting untuk mengetahui gejala awal kehamilan minggu pertama. Dengan mengetahui tanda awal kehamilan, Anda pun bisa mempersiapkan kehamilan dengan baik. Mengetahui tanda kehamilan awal juga akan berguna untuk mencegah masalah kehamilan serta mempersiapkan nutrisi yang tepat untuk sang bayi.gejala awal kehamilan minggu pertama

Tidak semua wanita mengetahui tanda tanda kehamilan sebelum terlambat haid. Terlebih bagi mereka yang belum pernah mengalaminya atau yang baru menikah sehingga memerlukan banyak pengetahuan seputar kehamilan. Padahal, gejala gejala kehamilan bukan hanya bisa dilihat dari berhentinya siklus menstruasi. Bahkan kita dapat mengetahui pertanda kehamilan lebih awal yaitu sejak 1 minggu kehamilan.

Perlu diketahui, kurangnya pengetahuan tentang gejala kehamilan awal juga bisa berdampak buruk bagi calon bayi. Risiko keguguran juga akan meningkat karena kurangnya pengetahuan kehamilan sehingga tidak bisa melakukan tindakan yang tepat.

Gejala gejala kehamilan awal

Perubahan pada payudaratanda tanda kehamilan

Akibat perubahan hormon yang terjadi ketika memasuki masa kehamilan, maka bentuk payudara akan mengalami beberapa perubahan. Payudara menjadi lebih besar da terasa bengkak serta lebih sensitif terhadap gesekan/sentuhan. Tanda tanda ini muncul setelah 1 hingga 2 minggu setelah terjadi pembuahan. Membesarnya payudara bertujuan untuk mempersiapkan ASI setelah sang bayi lahir nanti. Selain menjadi lebih besar dan sensitif, lingkar payudara dan puting juga akan jadi lebih gelap. Dengan begitu, sang bayi akan lebih mudah menemukan lokasi payudara Ibunya ketika akan menyusu.

Mual dan muntah pada pagi haritanda tanda kehamilan minggu pertama yang sehat

Gejala awal kehamilan minggu pertama juga ditandai dengan morning sickness. Yaitu wanita akan merasakan rasa mual dan ingin muntah yang terjadi pada pagi hari. Namun tak jarang, rasa mual dan muntah ini juga akan berlanjut hingga siang hari atau bahkan malam hari. Mual dan muntah yang merupakan tanda tanda kehamilan memang wajar terjadi. Akan tetapi jika terlalu parah juga bisa membahayakan kesehatan Ibu dan bayi di dalam kandungan. Lebih baik periksa dokter atau bidan jika terjadi mual dan muntah yang tidak wajar.

Menurunnya kondisi tubuhtanda awal kehamilan

Rasa lemas, letih lesu dan kurang bersemangat merupakan gejala kehamilan awal yang terjadi pada minggu pertama hingga akhir trimester 1. Hal ini diakibatkan karena perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh dan banyaknya energi yang terkuras untuk pembentukan janin di dalam kandungan. Untuk mengatasi penurunan kondisi tubuh ini, lebih baik konsumsilah berbagai makanan kaya nutrisi yang bermanfaat untuk wanita hamil. Anda juga harus lebih banyak istirahat serta mengurangi aktifitas yang berisiko terhadap kehamilan.

Sulit BABgejala awal kehamilan

Sembelit atau susah buang air besar juga menjadi pertanda gejala awal kehamilan pada minggu pertama. Meningkatnya hormon progesteron yang menyebabkan kontraksi usus sehingga bekerja lebih lamat dalam mencerna makanan. Akibatnya memicu wanita hamil jadi mudah sembelit.

Terdapat bercak darahtanda awal kehamilan setelah berhubungan

Bercak darah ini bukanlah darah menstruasi, melainkan flek darah yang merupakan tanda tanda kehamilan bulan pertama. Bercak darah ini terjadi karena proses implantasi atau menempelnya janin di dalam rahim. Jumlahnya juga sangat sedikit, jadi berbeda dengan darah haid.

Semoga ulasan ciri-ciri kehamilan di atas bermanfaat. Dengan mengetahui gejala awal kehamilan minggu pertama, Anda bisa mempersiapkan kehamilan lebih baik.

Tags: ciri orang hamil gejala kehamilan