Gerakan Senam Ibu Hamil Lengkap dengan Gambar

Anda perlu mengetahui gerakan senam Ibu hamil agar bisa melakukan senam hamil dengan benar. Anda bisa mencoba panduan di bawah ini untuk melakukan senam hamil yang akan dipraktekkan. Dengan gerakan sederhana, Anda bisa mendapatkan manfaat senam hamil secara maksimal.

Manfaat senam hamil untuk Ibu dan bayi dalam kandungan memang sudah lama dikenal. Olahraga ringan ini mampu menjaga kebugaran tubuh wanita selama dalam masa kehamilan. Selain itu, Menjalankan senam hamil secara teratur juga dapat memperlancar proses persalinan nantinya.

Anda bisa melakukan senam hamil ini sendiri atau bersama klub Ibu hamil agar lebih bersemangat. Tapi yang paling penting, faktor keamanan harus diutamakan saat melakukan senam hamil ini. Berikut beberapa gerakan senam untuk wanita hamil yang bisa Anda coba.

Gerakan senam hamil lengkap dengan gambar

Senam kegelgerakan senam ibu hamil

Senam kegel adalah senam peregangan yang bermanfaat untuk menguatkan otot-otot dasar panggul. Cara ini dapat melatih agar proses melahirkan semakin mudah dan lancar. Senam kegel untuk Ibu hamil ini juga akan melatih otot di sekitar uretra, kandung kemih, serta rektum dan rahim. Anda bisa melakukan senam kegel baik dalam keadaan duduk maupun sedang berdiri. Durasi untuk senam kegel antara 3 hingga 10 detik dan dapat diulangi hingga 4 kali sehari.

Jalan kakigerakan senam hamil

Gerakan senam Ibu hamil juga dapat berupa jalan kaki. Ini merupakan alternatif yang bisa Anda lakukan untuk memperlancar proses persalinan. Olahraga ringan seperti jalan kaki memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kebugaran Ibu hamil. Terlebih pada trimester 3 kehamilan, karena untuk membantu posisi bayi agar masuk ke jalur lahir.

Senam jongkokgerakan senam ibu hamil

Gerakan senam hamil yang satu ini yaitu dengan posisi punggung lurus dan pelan-pelan menurunkan badan sampai posisi jongkok. Kemudian tahan selama 10 detik dan lalu kembali ke posisi berdiri. Anda bisa mengulangi gerakan senam ini bisa diulangi hingga beberapa kali sehari. Manfaatnya yaitu dapat memperkuat otot pada paha dan peregangan otot panggul sehingga proses melahirkan semakin mudah.

Miringkan pinggulgerakan senam hamil

Gerakan senam Ibu hamil dengan memiringkan pinggul dapat menguatkan otot perut serta mampu mengurangi rasa sakit pinggang terutama pada trimester 3 kehamilan. Ambil posisi merangkak dan kepala sejajar dengan punggung. Tengadah ke atas sambil menarik nafas dan melepas nafas. Lakukan latihan senam hamil ini dengan santai. Gerakan ini bisa dilakukan hingga beberapa kali dalam sehari.

Pose tailorgerakan senam hamil

Gerakan ini disebut dengan pose tailor atau pose kupu-kupu dalam yoga. Gerakannya yaitu dengan duduk di lantai dan punggung lurus ke dinding. Posisikan kedua telapak kaki Anda agar saling menyentuh rapat kemudian dorong lutut ke bawah hingga menyentuh lantai. Manfaat yang bisa didapat yaitu untuk melatih otot paha serta menghilangkan stres punggung bawah pada wanita hamil. Lakukan latihan ini hingga beberapa kali dengan durasi 10 hingga 20 detik.

Cobalah beberapa gerakan di atas agar bisa merasakan manfaat senam hamil. Dengan melakukan gerakan senam ibu hamil tersebut, diharapkan Anda akan tetap bugar dan proses persalinan berjalan lancar.

Tags: gerakan senam hamil manfaat senam kehamilan olahraga ibu hamil