Ini Dia Bahaya Menunda Kehamilan Sampai Usia 30

Dengan usia yang semakin bertambah, maka risiko kehamilan jadi makin tinggi. Kehamilan di usia 30-34 bisa menyebabkan berbagai masalah, bahkan risikonya meningkat hingga 20 persen. Risiko ini akan lebih tinggi pada wanita hamil dengan usia 35 lebih. Bahkan menurut penelitian, kehamilan menjelang usia 30 juga sudah memiliki risiko yang lumayan tinggi.cara mencegah kehamilan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, wanita yang menunda kehamilan hingga usia 30 tahun sesungguhnya telah memasuki zona kehamilan berisiko. Risiko kehamilan yang mungkin terjadi misalnya seperti bayi lahir prematur meningkat 20% terhadap wanita berusia 30 hingga 34, jika dibanding dengan wanita yang hamil sebelum menginjak usia 30 tahun. Bukan hanya kelahiran prematur, wanita yang memiliki usia 30 juga berisiko mengalami infertilitas.

Menurut Profesor Ulla Waldenstrom, ketua dari tim peneliti, mengungkap, “Wanita yang hamil di usia 30-34 memiliki risiko yang cukup besar terhadap penyakit kehamilan. Risiko ini akan semakin tinggi pada wanita yang memiliki kebiasaan merokok atau mengalami obesitas, dan kombinasi kedua hal tersebut.”

Karolinska Institute di Stockholm dan University of Bergen ini sudah melakukan penelitian dari data di Swedia dan Norwegia terhadap 1 juta ibu yang baru hamil pertama kali . Peneliti juga menganalisa perbandingan ibu hamil dengan usia 30 dan ibu hamil berusia 25 hingga 29.

Hasil dari penelitian tersebut, 1 dari 5 wanita di awal usia 30 memiliki risiko yang lebih tinggi untuk melahirkan bayi sebelum waktunya/prematur pada 22 hingga 31 minggu kehamilan. Masalah lain yang bisa muncul yaitu perkembangan janin yang terganggu, bahkan risiko kematian janin.

Penelitian yang telah diterbitkan di jurnal Obstetrics and Gynecology ini mengungkap, wanita yang memiliki kebiasaan merokok dan kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko kelahiran prematur, kematian bayi setelah dilahirkan, dan janin meninggal dalam kandungan.

“Oleh karena itu, wanita maupun pria perlu memiliki informasi mengenai pentingnya faktor usia melahirkan anak. Usia 20 hingga 30 merupakan usia yang terbaik untuk hamil dan memiliki anak secara biologis,” ungkap Waldenstrom.

Karena banyak perempuan yang menginginkan lebih dari 1 anak, maka faktor risiko dan bahaya usia kehamilan perlu menjadi perhatian. Apalagi faktor usia juga dapat menentukan kondisi rahim dan plasenta. Hal ini tentu berhubungan dengan risiko komplikasi pada kehamilan.

Tags: usia kehamilan