Kehamilan 3 Bulan Pertama dan Makanan yang Disarankan

Usia kehamilan 3 bulan pertama merupakan tahap perkembangan janin yang sangat penting. Oleh karena itu, sang Ibu yang mengandung harus senantiasa mengonsumsi makanan sehat agar perkembangan janin lebih optimal. Jangan sampai kebutuhan bayi untuk tumbuh dan kembang tidak tercukupi akibat kurangnya nutrisi dan gizi yang diperlukan.kehamilan 3 bulan pertama

Sang Ibu dapat memberikan semua kebutuhan tumbuh dan kembang bayi di dalam kandungan melalui makanan. Namun terkadang, masih banyak Ibu yang bingung tentang makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh orang hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan. Berikut ulasan lengkap tentang makanan yang sebaiknya dikonsumsi pada awal tiga bulan pertama saat hamil.

Makanan untuk Ibu hamil 1-3 bulan

Telur

Telur merupakan makanan yang sehat dan baik dikonsumsi oleh siapapun. Untuk wanita yang sedang hamil pada awal trimester pertama, sebaiknya rutin mengonsumsi telur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam pembentukan janin di dalam perut. Telur bisa diolah dalam bentuk apapun dan sangat mudah untuk dinikmati.

Salmon

Ikan salmon adalah makanan laut yang mengandung kalsium, asam lemak omega-3 dan vitamin D sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Salmon dianjurkan untuk dikonsumsi dalam kehamilan 3 bulan pertama karena rendah akan kandungan merkuri. Sedangkan makanan laut lain seperti udang dan kepiting tidak disarankan dikonsumsi wanita hamil karena dapat memicu alergi.

Bayam

Wanita hamil juga harus lebih banyak makan sayuran untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh. Kandungan zat besi dan kalsium pada bayam cukup tinggi sehingga bermanfaat bagi kehamilan. Kedua zat tersebut akan membantu produksi darah lebih banyak sehigga suplai darah ke janin bisa tercukupi.

Kacang almond

Wanita yang sedang hamil juga membutuhkan asupan protein yang cukup. Salah satu makanan sehat yang mengandung protein yang tinggi yaitu kacang almond. Kacang almond mengandung vitamin E, lemak omega-3 serta protein yang diperlukan untuk pertumbuhan janin.

Jeruk

Selain sayuran, wanita yang sedang hamil juga harus memperbanyak makan buah. Ada beberapa jenis buah yang baik bagi kehamilan misalnya jeruk. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh selama hamil. Sedangkan kandungan asam folat pada buah jeruk dapat meningkatkan kesehatan bayi dan mencegah cacat bawaan lahir.

Asparagus

Selain jeruk, buah lain yang baik bagi kesehatan wanita hamil adalah asparagus. Asparagus merupakan makanan yang baik untuk kehamilan 3 bulan pertama guna mendukung perkembangan sang bayi. Kandungan vitamin D pada buah ini dapat membantu penyerapan kalsium. Aromanya yang segar juga dapat mencegah ibu hamil mengalami morning sickness.

Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran dengan kandungan protein tinggi yang baik untuk kehamilan trimester pertama. Brokoli juga mengandung zat besi yang membantu pembentukan janin pada awal kehamilan. Saat mengonsumsi brokoli sebaiknya jangan diolah terlalu matang karena dapat menghilangkan kandungan nutrisinya. Cukup masak hingga setengah matang, jangan sampai lunak.

Ketika Anda mulai merasakan tanda tanda kehamilan, maka ubahlah pola hidup Anda agar lebih sehat. Masih banyak makanan yang disarankan dalam kehamilan 3 bulan pertama, selain makanan di atas. Anda dapat memilih sesuai selera yang disukai.

Tags: makanan sehat usia kehamilan