Kehamilan 4 Bulan dan Perkembangan Janin Dalam Kandungan

Ketika memasuki kehamilan 4 bulan, janin di dalam kandungan sudah terbentuk dan menyerupai manusia sempurna lengkap dengan indera dan berbagai kemampuannya. Pada periode ini, janin bisa dibilang sudah cukup dewasa. Perkembangannya sudah cukup sempurna dan tinggal proses pematangannya. Jika dilihat dari bentuk fisik, pada bulan ke-4 kehamilan sudah cukup sempurna seperti bayi yang sudah lahir.

Perkembangan janin 4 bulanmenjaga kehamilan 4 bulan

Pada bulan ke-4 periode kehamilan merupakan masa untuk mendewasakan bagian tubuh si janin. Bahkan, tulang telinga pada janin juga sudah terbentuk dan mengeras ketika memasuki 4 bulan kehamilan. Sang bayi juga sudah mulai bisa mendengarkan suara-suara dari luar perut Ibunya. Namun begitu, pendengarannya belum sempurna hingga usianya 7 bulan di dalam kandungan. Namun pada bulan ke-4 ini, Ia sudah mulai bisa menanggapi suara dari luar, terutama suara sang Ibu yang mengandungnya. Organ paru-paru juga sudah mulai terbentuk sempurna dan sudah digunakan untuk belajar bernapas. Wajah bayi dan telinganya pada bagian luar sudah terbentuk.

Pada usia empat bulan kehamilan, janin sudah mulai bisa melakukan gerakan. Meskipun pada bulan keempat Ia belum bisa melihat, namun sudah cukup sensitif dengan adanya cahaya. Bagia tubuh lain seperti alis dan kulit kepala juga sudah mulai tampak. Terkadang, bayi pada usia kehamilan 4 bulan juga suka menghisap jempol tangannya. Pada masa ini, ukuran janin umumnya 5.5 inci. Jadi detak jantungnya sudah mulai terasa dari luar.

Tags: ciri orang hamil usia kehamilan