Kehamilan 6 Bulan, Perkembangan Janin dan Perubahan pada Ibu Hamil

Pada kehamilan 6 bulan, Ibu hamil harus mengetahui bagaimana perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Jadi, wanita yang hamil memang harus mengamati perkembangan janin dari waktu ke waktu. Hal ini bertujuan untuk memastikan bayi yang dikandung selalu sehat dan berkembang sebagaimana mestinya.

Hal utama yang penting untuk diperhatikan yaitu pembentukan organ-organ janin di dalam kandungan serta berat badan dan panjang bayi. Janin yang tidak memiliki berat badan ideal patut diwaspadai, sebab jika beratnya kurang st lahir akan membuatnya tidak bertahan dan harus diletakkan dalam tabung inkubator.

Kehamilan 6 Bulan, Perkembangan Janin dan Perubahan pada Ibu Hamil

Janin dengan berat badan kurang atau tidak normal dikhawatirkan memiliki organ yang tidak normal pula. Jika organ tidak normal, maka membuat janin sulit tumbuh karena organnya tidak berfungsi. Oleh karenanya, sebagai Ibu yang mengandung, wajib hukumnya terus memantau perkembangan janin dalam kandungan.

Perkembangan janin kehamilan 6 bulan

Pada usia ini, bisa dibilang janin sudah cukup matang dan bisa dikatakan cukup dewasa. Perkembangan panca inderanya sudah cukup baik dan sudah memiliki bentuk seperti bayi yang sempurna. Baik dari bentuk maupun fungsinya, inderanya sudah cukup baik.

Inilah perkembangan janin usia 6 bulan yang bisa diketahui:

  1. Kulit bayi yang mulanya terlihat lembut dan transparan pada usia 5 bulan, setelah memasuki usia 6 bulan akan terlihat lebih tebal dan hampir menyerupai orang dewasa. Tapi meskipun tampak tebal, tentu kulitnya belum sempurna.
  2. Dibanding dengan saat usia 5 bulan, pada usia 6 bulan indera matanya sudah lebih berkembang. Retina mata sudah terbentuk hampir sempurna meskipun janin masih belum bisa melihat. Sensitifitas terhadap cahaya meningkat tajam.
  3. Janin sudah mulai terbentuk saluran paru-parunya. Di dalam paru-paru janin sudah mampu menghasilkan surfactant yaitu cairan yang berfungsi mencegah terjadinya lengket antara paru-paru satu dengan paru-paru yang lain. Namun pada usia 6 bulan, paru-paru janin masih belum bisa berfungsi matang. Fungsi paru-paru bayi dalam kandungan baru akan disempurnakan setelah usia 9 bulan atau menjelang kelahiran.
  4. Bentuk kepala bayi sudah normal dan hampir persis seperti bayi yang dilahirkan. Janin juga lebih jarang tidur sehingga gerakannya akan cukup terasa oleh Ibu yang mengandung.
  5. Usia kehamilan 6 bulan, janin akan menunjukkan reaksi ketika perut Ibunya disentuh.
  6. Janin dalam kandungan sudah mulai latihan bernapas untuk persiapan nanti setelah dilhirkan.
  7. Otaknya sudah berkembang sangat pesat pada usia janin 6 bulan. Bahkan diyakini jika janin 6 bulan sudah bisa bermimpi ketika tidur.
  8. Pertumbuhan tulangnya juga sudah cukup baik, tulangnya makin kuat dan kokoh hampir seperti bayi yang siap dilahirkan.

Baca juga: Inilah Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Perubahan pada Ibu usia kehamilan 6 bulan

Perubahan pada wanita hamil akan sangat terlihat seiring bertambahnya usia kehamilan. Pada 6 bulan kehamilan ini, perubahan akan terjadi secara signifikan. Ini dia perubahan-perubahan yang akan terjadi:

  • Wanita hamil membutuhkan tenaga ekstra untuk bergerak karena kondisi perut yang semakin membesar.
  • Rahim dan juga uterus akan mengalami pembesaran dikarenakan pada usia ini janin akan mengisi bagian uterus ibu hamil.
  • Ibu hamil juga akan mengalami peningkatan gairah pada usia kehamilan 6 bulan. Jadi wajar saja jika wanita yang sedang hamil 6 bulan memiliki nafsu yang tinggi.
  • Berat badan Ibu hamil akan meningkat drastis karena semakin besarnya isi perut.
  • Payudara sudah mulai terisi air susu dan mengalami pembengkakan.
  • Sering mengalami kelelahan dan dianjurkan untuk lebih banyak istirahat.

Itulah perkembangan janin dan perubahan yang terjadi pada wanita pada usia kehamilan 6 bulan. Semoga bisa bermanfaat dan kehamilan Anda selalu sehat.

Tags: hamil 6 bulan usia kehamilan