Kehamilan 7 Bulan, Perkembangan Janin dan Perubahan pada Ibu Hamil

Saat memasuki usia kehamilan 7 bulan, banyak sekali perubahan yang akan terjadi. Mulai dari perkembangan janin dalam kandungan hingga perubahan pada wanita yang mengandung itu sendiri. Oleh karena itu, sebagai Ibu dari calon bayi Anda harus tanggap dan mengetahui apa saja yang terjadi pada saat hamil bulan ke 7 ini.

7 bulan kehamilan merupakan saat yang bisa dibilang cukup menegangkan. Sebab tak lama lagi, merupakan saat kelahiran sang bayi yang bisa membuat ibu yang mengandung merasa gugup. Apalagi bagi wanita yang baru pertama kali hamil, proses persalinan bisa jadi hal yang menakutkan. Tapi tak usah khawatir, semua itu hanya mitos belaka. Asalkan Anda menjaga kesehatan selama hamil, proses persalinan akan menjadi hal menyenangkan dan mengagumkan.

Kehamilan 7 Bulan

Nah, pada kehamilan 28 minggu ini, Anda perlu mengetahui apa saja perubahan yang terjadi, mulai dari perkembangan janin yang dikandung hingga perubahan fisik ataupun emosi dari diri Anda. Simak ulasan lengkapnya bersama tandaawalkehamilan.com.

Kehamilan 7 bulan dan perkembangan janin serta perubahan pada Ibu hamil

Perkembangan janin 7 bulan

Pada usia ini, janin sudah berkembang sangat matang. Seandainya saja bayi harus dilahirkan prematur, bayi sudah bisa bertahan hidup karena organ paru-paru sudah bekerja dengan normal. Pada usia 7 bulan di dalam kandungan, bayi mampu merespons rangsangan dari luar berupa cahaya dan suara dengan cara mengubah posisi atau bergerak. Karenanya, sang Ibu akan lebih sering merasakan gerakan dari bayi yang dikandungnya.Indera pendengarannya pun sudah bisa merespon dan mengenali suara Ibunya. Jadi untuk Ibu yang hamil, 7 bulan, lebih seringlah bersenandung atau mengajak bayinya ngobrol.

Pada kehamilan 7 bulan, rambut bayi sudah mulai tumbuh. Matanya sudah bisa terbuka yang sebelumnya masih tertutup. Pada akhir usia 7 bulan, tubuh bayi sudah mulai bisa menyimpan lemak.

Perubahan pada Ibu hamil 7 bulan

Pada usia kehamilan 7 bulan tentunya sang Ibu yang mengandung sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Misalnya berat badan yang naik drastis, bentuk perut yang makin besar, dan lainnya. Ada juga beberapa wanita hamil yang mengalami kaki bengkak pada usia bulan ke 7 kehamilan. Apalagi wanita yang rawan mengalami hipertensi dan berisiko mengalami keracunan kehamilan.

Baca juga: Apa Penyebab Keracunan Kehamilan? Ini Cara Mengatasinya

Sang Ibu akan mengalami gerakan bayi dalam perut dengan jelas pada usia kehamilan tujuh bulan. Terlebih pada malam hari menjelang tidur, biasanya bayi dalam perut akan sangat aktif dan melakukan gerakan seperti menendang-nendang. Selain itu, ada beberapa gejala yang rawan terjadi seperti sesak napas, nyeri ulu hati atau lainnya. Jika gejala ini terjadi, segera periksakan pada dokter.

Tips bagi ibu hamil 7 bulan

  • Saat kehamilan memasuki usia 7 bulan, periksalah ke dokter atau petugas kesehatan. Agar bisa memonitor perkembangan bayi, periksakan setidaknya 2 minggu sekali. Anda bisa mengajukan pertanyaan seputar kehamilan ke dokter ketika Anda periksa.
  • Kondisi perut akan semakin membesar ketika masuk 7 bulan hamil. Ini berarti Anda harus tidur dengan posisi yang benar. Untuk mengetahui posisi tidur yang baik, baca pada link ini Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil.
  • Makan lebih teratur, meskipun terkadang tidak enak makan paksakan untuk makan atau carilah makanan sehat yang Anda sukai. Bayi dalam perut membutuhkan banyak asupan nutrisi dari Ibunya.
  • Anda harus lebih rileks dan tenang untuk menghadapi persalinan.
  • Siapkan keperluan-keperluan yang dibutuhkan untuk proses kelahiran seperti popok bayi dan lainnya.
  • Bisa juga dengan rutin melakukan senam hamil untuk memperlancar proses persalinan.

Itu dia beberapa hal penting yang perlu diketahui saat kehamilan 7 bulan. Semoga bisa bermanfaat dan kehamilan Anda pun selalu sehat dan sang bayi bisa lahir dengan selamat.

Tags: usia kehamilan