Kehamilan 7 Bulan, Perkembangan Janin dan Perubahan pada Ibu Hamil

Baca juga: Apa Penyebab Keracunan Kehamilan? Ini Cara Mengatasinya

Sang Ibu akan mengalami gerakan bayi dalam perut dengan jelas pada usia kehamilan tujuh bulan. Terlebih pada malam hari menjelang tidur, biasanya bayi dalam perut akan sangat aktif dan melakukan gerakan seperti menendang-nendang. Selain itu, ada beberapa gejala yang rawan terjadi seperti sesak napas, nyeri ulu hati atau lainnya. Jika gejala ini terjadi, segera periksakan pada dokter.

Tips bagi ibu hamil 7 bulan

  • Saat kehamilan memasuki usia 7 bulan, periksalah ke dokter atau petugas kesehatan. Agar bisa memonitor perkembangan bayi, periksakan setidaknya 2 minggu sekali. Anda bisa mengajukan pertanyaan seputar kehamilan ke dokter ketika Anda periksa.
  • Kondisi perut akan semakin membesar ketika masuk 7 bulan hamil. Ini berarti Anda harus tidur dengan posisi yang benar. Untuk mengetahui posisi tidur yang baik, baca pada link ini Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil.
  • Makan lebih teratur, meskipun terkadang tidak enak makan paksakan untuk makan atau carilah makanan sehat yang Anda sukai. Bayi dalam perut membutuhkan banyak asupan nutrisi dari Ibunya.
  • Anda harus lebih rileks dan tenang untuk menghadapi persalinan.
  • Siapkan keperluan-keperluan yang dibutuhkan untuk proses kelahiran seperti popok bayi dan lainnya.
  • Bisa juga dengan rutin melakukan senam hamil untuk memperlancar proses persalinan.

Itu dia beberapa hal penting yang perlu diketahui saat kehamilan 7 bulan. Semoga bisa bermanfaat dan kehamilan Anda pun selalu sehat dan sang bayi bisa lahir dengan selamat.

Tags: usia kehamilan