Kenali 3 Gangguan Saat Hamil yang Perlu Diwaspadai

  1. Terjadinya Keputihan Saat Hamil

Gangguan semacam ini juga sering dialami ibu hamil yang didahului dengan keluarnya flek selama kehamilan. Untuk kondisi normal, keputihan yang terjadi berupa keluarnya lendir berwarna putih, encer, tidak menyengat baunya, dan tidak menyebabkan iritasi. Gangguan keputihan itu sendiri terjadi akibat adanya peningkatan aliran darah yang menuju ke sekitar rahim dan vagina ibu yang sedang hamil sebagai proses yang alami.

Namun jika lendir yang keluar tersebut cukup kental, berwarna ke arah kekuningan, dan sangat menyengat baunya bisa jadi ibu hamil mengalami gangguan yang bersifat patologis. Hal ini biasanya terjadi akibat adanya infeksi, karena itu ibu harus secepatnya menemui dokter kandungan untuk memastikan penyebab keputihan saat hamil tersebut dan mendapatkan pengobatan seperlunya. Yang juga tak kalah pentingnya adalah menjaga asupan makanan ibu hamil agar selalu bergizi dan cukup.

  1. Terjadinya Pendarahan Saat Hamil

Pendarahan yang dialami ibu yang sedang hamil juga perlu diwaspadai meskipun tak selalu bersifat patologis atau mengancam keselamatan janin. Namun jika pendarahan saat hamil itu terjadi dalam jumlah banyak dan berlangsung terus menerus, serta diikuti dengan sejumlah gejala lainnya maka sebaiknya ibu segera memeriksakannya ke dokter.

Pendarahan yang cukup berbahaya adalah jika darah yang keluar berupa gumpalan, terasa nyeri pada perut, yang diikuti tubuh lemas, terasa pusing saat hamil, hingga menyebabkan pingsan. Gejala ini perlu diwaspadai karena dikhawatirkan merupakan kehamilan risiko tinggi yang bisa jadi merupakan tanda awal keguguran. Menemui dan berkonsultasi dengan dokter kandungan secepatnya begitu mengalami gangguan saat hamil merupakan langkah yang tepat untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

Tags: cara menjaga kehamilan gangguan kehamilan kesehatan ibu hamil