Ketahui Manfaat Asam Folat untuk Program Hamil!

Bagi ibu yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang menjalani program hamil, harus mengetahui manfaat asam folat untuk program hamil yang sedang dijalani. Pentingnya asam folat dalam program kehamilan tidak hanya bermanfaat untuk kesuburan wanita, tapi asam folat juga bermanfaat untuk kesehatan pria. Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat asam folat untuk program hamil, kita harus tahu dulu mengenai asam folat itu sendiri.Manfaat Asam Folat untuk Program Hamil

Asam folat (Folic acid) dikenal juga sebagai folat, folacin, atau vitamin B9 merupakan sebuah elemen yang sangat penting dan dibutuhkan oleh sel telur untuk perkembangan otak janin. Asam folat yang dikonsumsi secara teratur pada saat perencanaan kehamilan dapat membantu memperkuat sel telur sehingga meningkatkan peluang untuk dapat hamil.

Asam folat juga sangat baik dikonsumsi saat hamil untuk mengurangi risiko bayi mengalami kecacatan tabung syaraf (Neural Tube Defects), kelainan pada tulang belakang (spina bifida), dan ananchepaly (otak tidak terbentuk). Dengan asupan asam folat yang cukup baik sebelum maupun selama masa hamil yaitu sekitar 0.4 – 0.8 mg per hari, maka apat menurunkan risiko kelainan tersebut hingga 80%. Agar lebih jelas mengenai manfaat asam folat untuk program hamil Anda, simak ulasan berikut.

Manfaat Asam Folat untuk Wanita

  • Memperkuat sel telur, sehingga meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.
  • Meningkatkan produksi sel darah merah yang penting dalam tahap persiapan kehamilan.
  • Membantu mengurangi depresi yang mungkin timbul akibat terlalu lama menanti kehamilan yang tak kunjung datang.
  • Membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin dan mencegah terjadinya cacat pada bayi yang akan dilahirkan.

Manfaat Asam Folat untuk Pria

  • Meningkatkan kuantitas pria hingga 74% sehingga peluang untuk membuahi sel telur lebih besar.
  • Meningkatkan kualitas Pria. Tidak hanya jumlahnya yang bertambah, tapi kualitas dari yang dihasilkan juga meningkat dan bisa menurunkan jumlah yang abnormal hingga 4%. Kualitas yang baik akan menjadikan hasil pembuahan yang berkualitas (janin yang sehat), dan terhindar dari risiko penyakit down syndrome.

Makanan Sumber Asam Folat untuk Keberhasilan Program Hamil

Saat menjalani program hamil, pastikan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan asam folat. Kandungan asam folat banyak ditemukan dalam berbagai jenis sayuran berdaun hijau gelap. Berikut adalah jenis-jenis makanan yang memiliki kandungan asam folat yang penting untuk program hamil Anda.

  1. Kacang polong
  2. Kacang merah
  3. Kacang lentil
  4. Kacang hijau
  5. Gandum
  6. Kenari
  7. Adas
  8. Asparagus
  9. Sawi
  10. Brokoli
  11. Labu
  12. Kubis
  13. Bayam
  14. Mentimun
  15. Lobak
  16. Tomat
  17. Jeruk bali
  18. Pepaya
  19. Alpukat
  20. Hati.

Perlu diperhatikan, teh hijau dan teh hitam terbukti dapat menghambat penyerapan asam folat oleh tubuh, sehingga sangat disarankan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari 1-2 cangkir setiap hari selama menjalani program hamil atau pada saat hamil.

Dosis Asam folat untuk Kebutuhan Sehari-Hari

  • Wanita pada masa subur: 400 mcg per hari
  • Wanita yang sedang menjalani program hamil: 800 mcg per hari
  • Wanita yang sedang hamil dan menyusui: 800 mcg per hari

Ternyata begitu banyak manfaat asam folat untuk program hamil yang sedang Anda jalani, sehingga sangat disayangkan jika sampai kebutuhan asam folat Anda tidak terpenuhi.

Tags: cara cepat hamil cara langsing setelah punya anak