Kram Kaki pada Ibu Hamil, Pencegahan dan Pengobatannya

Banyak wanita hamil mengalami kram kaki selama kehamilan. Kaki kram pada ibu hamil sering terjadi pada malam hari selama trimester kedua dan ketiga. Penyebab kram kaki selama kehamilan belum diketahui secara pasti. Namun berat badan yang bertambah saat hamil mungkin dapat memicu terjadinya kram dan nyeri kaki pada kehamilan trimester kedua dan ketiga.

Anda dapat memilih solusi alami untuk mencegah atau mengobati kram dan nyeri kaki ketimbang mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dapat membahayakan kandungan anda. Melakukan langkah-langkah sederhana untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan pada punggung dan kaki akan mengurangi risiko kram atau nyeri kaki.

Kram Kaki pada Ibu Hamil -

Mencegah atau mengobati kram kaki pada ibu hamil

Dehidrasi dapat memicu terjadinya kram dan nyeri kaki saat hamil. Minum cairan dalam jumlah yang cukup akan dapat membantu mencegah kram. Jika warna urin kuning tua, mungkin anda kekurangan cairan tubuh.

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu mencegah kram kaki selama kehamilan. Jalan atau latihan ringan lainnya dapat meningkatkan sirkulasi di kaki dan memberikan obat alami untuk kram dan nyeri kaki. Olahraga yang dilakukan secara rutin juga dapat mengurangi berat badan, yang menjadi faktor yang berkontribusi terhadap kram atau nyeri pada kaki selama kehamilan. Dengan berjalan kaki selama 10 menit setiap hari akan dapat menyegarkan pikiran, meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kelelahan. Sebelum memulai program latihan olahraga, lakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi tubuh anda.

Pilih alas kaki yang nyaman. Mengenakan sepatu datar atau bertumit rendah akan mengurangi ketegangan pada otot-otot kaki. Hindari memakai sepatu hak tinggi bila memungkinkan. Jika anda harus mengenakan sepatu hak tinggi untuk bekerja maka hindari berdiri atau berjalan untuk waktu yang lama.

Istirahatkan kaki anda lebih sering. Gunakan bantal untuk menyangga kaki anda agar posisinya agak lebih tinggi. Mengangkat kaki akan memberi kesempatan pada otot-otot kaki anda untuk bersantai dan meningkatkan sirkulasi darah yang akan menurunkan risiko kram dan nyeri kaki. Hindari menyilangkan kaki anda. Menyilangkan kaki dapat membatasi aliran darah ke bagian bawah kaki dan membuat kaki anda rentan terhadap kram dan nyeri.

Gunakan bantalan pemanas elektrik atau botol yang berisi air hangat untuk melemaskan otot dan meredakan nyeri. Pijatan ringan pada kaki juga dapat melemaskan otot-otot saat terjadi kram atau nyeri. Peregangan sebelum tidur dapat membantu mencegah kram kaki selama kehamilan. Luangkan waktu beberapa menit untuk meregangkan kaki anda sebelum tidur.

Tags: gangguan kehamilan kesehatan ibu hamil