Makanan Pengganti Susu Formula yang Sehat untuk Bayi

Apa sih makanan sehat pengganti susu formula? Mungkin itulah pertanyaan Bunda yang ingin segera mengakhiri masa menyusu anaknya. Hal ini sangat wajar, mengingat susu formula bukanlah asupan yang baik bagi balita. Bagaimanapun, makanan alami sangat lebih baik bagi kesehatan bayi Anda.Makanan Pengganti Susu Formula yang Sehat

Perlu diketahui, bayi yang sudah disapin ASI sebenarnya sama sekali tidak membutuhkan tambahan sufor. Ini karena semua kebutuhan nutrisi bayi bisa dipenuhi dari makanan sehat yang alami. Meskipun susu formula diklaim memiliki berbagai kandungan nutrisi untuk pertumbuhan bayi, namun pada kenyataannya susu formula minim manfaat.

Selain itu juga, tidak semua anak balita menyukai rasa susu formula. Terkadang juga malah menyebabkan alergi pada bayi yang memiliki intoleransi pada laktosa. Oleh karenanya, Bunda wajib tahu apa saja jenis makanan pengganti ASI selain susu formula untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Untuk mengetahuinya, simak terus ulasan lengkap dari tandaawalkehamilan.com berikut.

Makanan sehat pengganti susu formula

Ikan laut

Ikan laut merupakan sumber protein yang sangat baik, begitu juga untuk balita. Berbagai jenis ikan laut yang bisa dijadikan makanan pengganti susu formula antara lain ikan tuna, ikan salmon, dan makarel. Memberinya ikan laut merupakan cara termudah memenuhi kebutuhan protein untuk bayi Anda.

Kedelai

Makanan sehat lain yang bisa dan aman dikonsumsi oleh bayi adalah kedelai. Kedelai ini merupakan sumber protein nabati yang sangat ideal untuk menggantikan sufor. Kacang kedelai juga mengandung asam amino yang bermanfaat bagi tubuh untuk melawan pertumbuhan kanker. Kedelai memiliki kandungan gizi yang amat tinggi, tetapi kandungan kalorinya tergolong kecil dan karena itu sangat tepat diberikan pada balita sebagai pengganti susu dari sapi.

Kacang almond

Selain kacang kedelai, kacang almond juga merupakan jenis kacang yang sangat baik bagi kesehatan. Kacang almond merupakan makanan lezat yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi setelah tidak menyusu ibunya. Jadi tak perlu memberinya sufor, sebab dengan makanan sehat sudah cukup baik untuk kesehatan bayi Anda. Kandungan vitamin E yang terdapat pada almond juga sangat baik untuk kulit bayi.

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk kesehatan dan mudah didapat. Makanan pengganti susu formula ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan harian si kecil. Selain itu, kandungan asam folat yang ada pada bayam juga sangat baik untuk membangun sel-sel tubuh.

Baca juga: Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Gemuk

Itulah beberapa contoh makanan sehat yang bisa diberikan untuk balita Anda. Masih banyak jenis makanan lain yang baik bagi si kecil, daripada memberinya sufor, lebih baik berikan makanan pengganti susu formula tersebut.

Tags: minuman pengganti susu formula untuk bayi pengganti asi selain susu formula