Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Apa saja makanan sehat untuk Ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi? Sebab pada saat kehamilan, wanita harus memenuhi kebutuhan nutrisinya agar pertumbuhan bayi di dalam kandungan bisa lebih optimal. Oleh karena itu, tidak boleh sembarangan mengonsumsi sembarangan makanan demi menjaga kondisi kesehatan dan memastikan janin tumbuh dengan baik.makanan sehat untuk ibu hamil

Ketika merasakan tanda tanda kehamilan, Anda harus sudah mulai menjaga pola makan dengan baik. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh wanita hamil. Makanan tersebut seperti makanan yang mengandung pewarna berbahaya, makanan kalengan dan jenis makanan olahan maupun junk food. Jenis makanan tersebut merupakan makanan yang rendah nutrisi sehingga sangat tidak disarankan bagi wanita yang sedang mengandung. Dalam masa kehamilan, sebaiknya konsumsi makanan segar yang alami karena kandungan nutrisi dan vitamin yang masih baik.

Selain itu, proses pengolahan masakan juga harus diperhatikan. Dengan cara memasak yang baik, maka segala nutrisi yang terdapat pada makanan tidak akan hilang sehingga masih cukup baik untuk dikonsumsi. Sebab beberapa jenis makanan dapat rusak kandungan nutrisinya akibat proses memasak yang kurang tepat.

Makanan sehat untuk Ibu hamil

Buah dan sayuran

Buah dan sayuran merupakan makanan sehat dan alami yang baik dikonsumsi oleh siapapun. Jangan sampai, dalam masa kehamilan kurang konsumsi buah dan sayuran. Selain memiliki kandungan vitamin dan mineral yang melimpah, buah maupun sayuran juga merupakan sumber serat yang baik bagi wanita hamil. Serat dapat mencegah terjadinya sembelit yang kerap terjadi pada saat hamil.

Daging tanpa lemak

Daging merupakan sumber protein hewani yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Namun sayangnya, tidak semua jenis daging baik bagi orang yang sedang hamil. Makanan yang baik bagi orang hamil adalah daging yang tanpa  lemak atau lemaknya sudah dipisahkan. Daging dengan kandungan lemak sebaiknya dibatasi karena kurang baik bagi kesehatan, terlebih wanita yang sedang hamil.

Telur

Telur merupakan makanan yang sangat baik bagi wanita hamil. Selama masa kehamilan, Anda bisa mengonsumsi telur secara rutin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh serta perkembangan sang bayi dalam perut. Telur merupakan makanan yang baik untuk Ibu hamil dan bisa dikonsumsi setiap hari. Namun sebaiknya jangan mengonsumsi lebih dari 2 butir telur dalam sehari.

Ikan salmon

Ikan salmon cukup aman bagi kehamilan dan baik dikonsumsi. Sedangkan makanan laun lainnya seperti kepiting dan udang sebaiknya dihindari karena dinilai memiliki kandungan merkuri yang tinggi sehingga berbahaya bagi kehamilan. Menurut penelitian, ikan salmon memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah dan aman dikosumsi oleh orang yang hamil. Kandungan pada ikan salmon juga dapat menjaga kehamilan dan mengoptimalkan perkembangan janin.

Ubi jalar

Ubi jalar atau ketela rambat juga merupakan makanan yang baik bagi kehamilan. Makanan alami ini bisa menjadi sajian wajib bagi wanita hamil. Ubi jalar juga bisa menjadi pengganti nasi jika Anda menyukainya. Ubi jalar juga mengandung folat yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak bayi.

Kacang-kacangan

Hampir dari semua jenis kacang-kacangan memiliki khasiat yang baik karena kandungan proteinnya yang tinggi. Kacang tanah, kacang kedelai dan almond merupakan makanan yang bisa dijadikan cemilan sehat bagi Ibu hamil. Namun menurut penelitian, buncis adalah yang terbaik dari jenis kacang-kacangan. Selain tinggi protein, sayuran ini juga mengandung serat yang bisa melancarkan pencernaan selama Anda hamil. Jadi Anda bisa terhindar dari gangguan sembelit saat sedang hamil.

Anda bisa memilih dari daftar makanan di atas untuk dikonsumsi. Kombiasikan juga dengan makanan lain agar lebih sehat. Makanan sehat untuk Ibu hamil di atas bisa dikonsumsi setiap hari asal dalam jumlah yang wajar.

Tags: kesehatan ibu hamil makanan sehat