Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Ada beberapa jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Makanan ini tidak boleh dikonsumsi karena dinilai bisa berbahaya bagi kandungan. Olah karena itu, Anda harus menjauhinya agar kandungan bisa tetap aman.

Pada saat hamil, tubuh Anda menjadi cukup sensitif. Sebab kondisi bayi di dalam kandungan bisa saja terganggu akibat paparan bahan-bahan berbahaya yang terdapat pada makanan. Secara alami, penciuman Ibu hamil jadi sangat sensitif. Menurut penelitian para ahli, hal ini agar mencegah wanita hamil mengonsumsi makanan secara sembarangan.makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Makanan pantangan bagi wanita hamil

Sayuran mentah

Ibu yang sedang mengandung sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tidak dimasak. Memang benar jika sayuran yang masih mentah lebih banyak mengandung vitamin dan mineral jika dibanding sayuran yang sudah dimasak. Ada banyak jenis makanan yang menggunakan sayuran mentah seperti misalnya lalapan. Meskipun mengandung vitamin dan nutrisi yang tinggi, akan tetapi makanan yang tidak bisa dimasak kurang terjamin keamanannya. Apalagi kandungan pestisida yang terdapat pada sayuran, bisa saja membahayakan kandungan yang masih sensitif.

Makanan laut

Makanan laut atau seafood merupakan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika Anda sedang hamil. Memang tidak harus sepenuhnya Anda hindari, namun sebaiknya dijaga porsinya agar tidak berlebihan. Seafood bisa jadi makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena isu kandungan merkuri pada makanan laut yang cukup berbahaya. Kandungan merkuri tersebut dapat mengganggu tumbuh dan kembang sang bayi di dalam kandungan. Jenis makanan laut yang masih cukup aman untuk kehamilan yaitu salmon. Ikan salmon kaya akan kandungan omega3 yang sangat baik bagi kehamilan. Selain itu, ikan ini juga dinilai memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah.

Makanan dan minuman berkafein

Konsumsi kafein merupakan pantangan ibu hamil muda yang harus dijauhi. Sebab makanan atau minuman yang memiliki kandungan kafein di dalamnya dapat meningkatkan detak jantung Ibu hamil sehingga mengganggu bayi yang masih dalam kandungan. Oleh karena itu, hindari minuman/makanan yang mengandung kafein selama Anda sedang hamil.

Daripada mengonsumsi jenis makanan di atas, lebih baik pilih  makanan sehat untuk Ibu hamil. Tinggalkan makanan yang dilarang untuk ibu hamil tersebut agar kandungan Anda tetap sehat.

Tags: kesehatan ibu hamil makanan sehat