Manfaat Musik Klasik untuk Ibu Hamil dan Bayinya

Manfaat musik untuk Ibu hamil dan bayi di dalam kandungan memang sudah dikenal sejak lama. Bahkan jenis musik ini bisa membuat perkembangan dan pertumbuhan bayi di dalam perut bisa semakin optimal. Jadi tak ada salahnya jika Anda mulai memperdengarkan lagu-lagu klasik setelah memasuki masa kehamilan.musik klasik untuk ibu hamil

Pengaruh musik terhadap wanita hamil memang sudah banyak diteliti oleh para ahli. Sebab bayi di dalam kandungan juga sudah mulai bisa mendengarkan musik dari dalam perut sang Ibu. Untuk jenis lagu klasik, Anda bisa memperdengarkannya setelah memasuki trimester 2 kehamilan. Pada saat ini, bayi mulai bisa menanggapi suara-suara dari luar, terutama suara Ibunya.

Pengaruh musik klasik bagi kehamilan ini dinilai cukup baik oleh para ahli. Sebab jenis musik ini berbeda dengan jenis musik lainnya. Dengan alunan suara yang tenang, maka sang bayi dalam kandungan bisa menikmati suara-suara yang didengar tersebut. Konon, dengan mendengar musik klasik, bayi di dalam kandungan dapat membuat gambaran tentang isi dunia bahwa dunia memiliki garis-garis yang saling terhubung.

Nah, untuk mengetahui apa saja peranan musik klasik untuk perkembangan bayi, berikut ulasan lengkapnya.

Manfaat musik klasik untuk ibu hamil

Mengurangi stres pada saat hamil

Stres dan tekanan sangat kerap dialami oleh wanita yang sedang hamil. Hal ini karena perubahan hormon dan perasaan khawatir selama kehamilan. Untuk mengurangi stres maupun tekanan lainnya, cobalah untuk mendengarkan musik. Lagu-lagu klasik bisa Anda dengarkan pada masa kehamilan untuk membantu menenangkan pikiran dan suasana hati Anda.

Merangsang janin untuk belajar

Mendengarkan lagu klasik pada saat hamil juga memiliki manfaat untuk sang janin. Musik klasik yang didengar bisa merangsang bayi untuk belajar lebih dini. Ketika sang bayi masih berada di dalam perut Ibunya merupakan masa yang paling efektif untuk merangsang dan menstimulasi otak janin. Jadi ketika bayi sudah lahir nanti, bayi dapat belajar tentang sebuah penalaran dan juga prinsip presepsi.

Membantu bayi berkomunikasi

Musik klasik yang diperdengarkan pada bayi dalam kandungan juga akan membuatnya bisa berkomunikasi dengan baik. Dengan mendengarkan musik secara berulang-ulang, maka otak bayi akan banyak belajar tentang komunikasi. Bukan itu saja, manfaat musik klasik untuk ibu hamil dan bayinya juga akan membuat bayi mempelajari ucapan ibu dan mengerti bagaimana cara menanggapinya.

Menjadikan otak cerdas

Khasiat mendengarkan lagu klasik untuk bayi dalam kandungan juga bisa membuatnya jadi lebih cerdas. Sebab musik yang didengar memiliki nilai positif dan mampu meningkatkan kecerdasan otak. Seorang bayi yang diperdengarkan musik klasik juga akan memiliki kemampuan mengingat yang cukup kuat. Bayi dalam kandungan yang mendengarkan musik klasik juga memiliki imajinasi dan kreatifitas yang tinggi.

Lagu klasik dalam kehamilan memang memiliki peranan yang cukup baik. Jadi tak ada salahnya jika Anda mulai memperdengarkan lagu bernuansa klasik ketika hamil. Sebab manfaat musik klasik untuk ibu hamil dan sang bayi bisa Anda dapatkan untuk jangka panjang.

Tags: daftar musik klasik untuk ibu hamil kehamilan yang sehat lagu klasik ibu hamil