Manfaat Senam Ibu Hamil dan Gerakannya

Manfaat senam Ibu hamil memang sangat baik untuk kesehatan. Olahraga yang dikhususkan bagi wanita yang mengandung ini dapat menjadikan Ibu hamil tetap bugar dan fit selama hamil. Dengan menjalani olahraga, maka diharapkan kesehatan akan semakin meningkat sehingga bayi di dalam kandungan juga bisa tumbuh dengan optimal.manfaat senam ibu hamil

Selama hamil, memang wanita harus sangat hati-hati dalam menjaga kesehatannya. Senam hamil adalah solusi yang tepat agar kondisi fisik tetap bugar ketika sedang hamil. Olahraga ini bukan jenis olahraga berat sehingga tetap aman dijalankan meskipun sedang mengandung.

Manfaat senam hamil bagi wanita

Senam untuk Ibu yang hamil memiliki manfaat yang cukup banyak. Meskipun gerakannya cukup ringan dan tidak membutuhkan banyak energi, tapi gerakan senam hamil telah disesuaikan dengan kebutuhan Ibu hamil. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dengan menjalani senam saat hamil.

Menguatkan otot

Menjalani senam kehamilan secara rutin dapat memperkuat kelenturan otot. Wanita yang sedang hamil biasanya sering mengeluh karena mengalami rasa nyeri yang terjadi pada bagian perut maupun bokong. Dengan melakukan latihan senam hamil secara rutin, maka dapat menguatkan elastisitas otot pada dinding perut dan akan bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian perut dan bokong.

Melatih teknik pernapasan

Manfaat senam ibu hamil berikutnya yaitu dapat melatih teknik pernapasan. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat untuk proses persalinan nantinya. Jika sudah terbiasa melakukan latihan teknik pernapasan, maka Ibu tidak akan kesulitan bernapas saat melahirkan sang bayi nanti. Latihan pernapasan dapat membuat Ibu mendapatkan oksigen secara maksimal ketika melahirkan.

Latihan relaksasi

Agar proses persalinan tidak menegangkan, maka dibutuhkan relaksasi. Latihan senam hamil dapat membantu mengatasi ketegangan yang dirasakan. Jadi rasa sakit saat persalinan bisa diredakan dan tidak terlalu dirasakan.

Mengurangi keluhan

Banyak sekali perubahan yang terjadi pada wanita hamil, terutama bentuk tubuh. Bentuk tubuh ketika hamil sangat berbeda dari biasanya. Dengan menjalani senam hamil, maka keluhan tentang bentuk tubuh bisa ditasi.

Melancarkan persalinan

Ini adalah manfaat senam ibu hamil yang paling utama. Persalinan merupakan hal yang paling menegangkan di akhir kehamilan. Anda bisa melakukan latihan senam hamil untuk melancarkan proses persalinan nanti.

Anda bisa menjalani latihan senam hamil bersama klub Ibu hamil. Karena manfaatnya yang sangat luar biasa untuk Ibu dan calon bayi, maka tak ada salahnya menjalaninya secara rutin. Akan tetapi, lebih baik lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum menjalani senam ibu hamil.

Tags: gerakan senam hamil manfaat senam kehamilan olahraga ibu hamil