Pantangan Ibu Hamil Muda yang Harus Dihindari

Ada beberapa pantangan Ibu hamil muda yang sebaiknya dihindari. Sebab kegiatan yang menjadi pantangan ini dapat mengganggu kesehatan kehamilan. Hal yang harus dihindari wanita hamil ini juga berisiko terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Dengan menjauhi pantangan tersebut, diharapkan Ibu hamil akan lebih sehat dan bayi terlahir dengan selamat.pantangan ibu hamil muda

Menjaga kandungan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan oleh seorang wanita. Sebab, wanita dikatakan sempurna apabila telah berhasil memiliki keturunan. Kondisi kesehatan Ibu yang mengandung juga akan memiliki dampak langsung terhadap bayi yang dikandungnya. Jadi ketika hamil, Anda harus menjauhi beberapa hal yang sekiranya membahayakan tersebut.

Pantangan yang harus dihindari wanita hamil

Mandi air hangat

Memang, mandi air hangat bukanlah hal yang terlalu berbahaya bagi Ibu yang sedang hamil. Tapi, sebaiknya perhatikan berapa suhu air yang digunakan untuk mandi. Hindari mandi dengan air yang bersuhu terlalu panas karena bisa berbahaya bagi kehamilan. Apalagi untuk umur kehamilan yang masih sangat muda, trelalu sering mandi air hangat bisa berisiko bayi cacat saat lahir.

Olahraga berat

Wanita hamil memang harus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya, salah satunya yaitu dengan olahraga. Akan tetapi olahraga yang dilakukan sebaiknya bukan olahraga berat yang bakal menguras energi. Olahraga berat merupakan pantangan ibu hamil muda yang harus dihindari. Olahraga yang tepat untuk Ibu hamil adalah olahraga yang ringan seperti senam hamil, jalan kaki, dan lainnya. Olahraga seperti ini sudah cukup bermanfaat asalkan bisa membuat tubuh berkeringat dan lebih aktif.

Menggunakan sepatu hak tinggi

Penggunaan alas kaki bagi wanita hamil juga perlu diperhatikan. Sepatu dengan hak tinggi sebaiknya jangan digunakan ketika sedang hamil. Menggunakan sepatu hak tinggi ketika hamil bisa saja membuat tidak nyaman. Selain itu juga berbahaya karena dapat meningkatkan risiko terjatuh. Jadi gunakan sepatu biasa saja ketika Anda sedang hamil agar lebih aman.

Minum kopi

Kopi merupakan minuman nikmat yang banyak disukai orang. Kopi juga dipercaya dapat mengusir kantuk karena memiliki kandungan kafein yang tinggi. Namun ketika Anda merasa ngantuk dan lesu, sebaiknya jangan kopi. Minum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Jadi, minum kopi merupakan pantangan ibu hamil muda yang harus dijauhi karena dapat berisiko buruk terhadap kesehatan janin.

Perawatan salon

Anda memang harus tampil cantik saat hamil. Namun tidak disarankan melakukan perawatan kecantikan di salon. Lebih baik lakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah secara alami. Kandungan bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan salon sangat tidak ramah bagi kesehatan. Apalagi Anda yang sedang mengandung karena bayi di dalam kandungan masih sangat sensitif. Jadi untuk sementara, hindari perawatan salon ketika Anda hamil.

Sebenarnya masih cukup banyak sekali pantangan yang harus dihindari ketika hamil muda. Anda bisa menilai sendiri apakah kegiatan yang Anda lakukan masih cukup aman atau berbahaya bagi kehamilan. Pantangan Ibu hamil muda di atas hanyalah beberapa contoh saja.

Tags: kesehatan ibu hamil pantangan wanita hamil tanda bahaya