Pendarahan pada Trimester Kedua Kehamilan, Hati-hati Plasenta Previa

Tidak hanya saat hamil muda, pendarahan pada trimester kedua kehamilan bisa juga terjadi. Bahkan memasuki trimester ketiga pun ibu hamil masing mungkin mengalami pendarahan. Hal ini menunjukkan kondisi kesehatan ibu hamil yang perlu diwaspadai. Pendarahan pada trimester kedua kehamilan memiliki resiko yang lebih berbahaya untuk ibu dan janin dibanding pendarahan yang terjadi saat hamil muda.Pendarahan pada Trimester Kedua Kehamilan, Hati-hati Plasenta Previa

Bukankah pada trimester kedua kehamilan janin sudah menempel kuat ke dinding rahim? Hal ini memang benar, tapi resiko terjadi keguguran, dan pendarahan masih mungkin dialami. Terlebih memasuki bulan ke 4 hingga 6 bulan, ibu hamil mulai terbebani dengan perubahan bentuk badan. Perut mulai membesar dan gerakan janin yang mulai terasa. Perubahan fisik ini membuat ibu hamil cepat merasa lelah, ditambah dengan kondisi lingkungan luar yang tidak kondusif, polusi, paparan radiasi, bisa membuat perkembangan janin terganggu. Menjaga nutrisi dari asupan makanan sehari-hari menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan.

Setiap ibu hamil pasti cemas dan khawatir jika mengalami pendarahan pada trimester kedua kehamilan. Tapi jangan sampai hal ini membuat iba hamil stres berlebihan. Karena pendarahan yang terjadi mungkin adalah pendarahan normal yang tidak membahayakan. Sebab masing-masing pendarahan memiliki karakteristik tersendiri, ada yang ringan dan ada yang berat. Mengenali penyebab dan cara mengatasi pendarahan pada trimester kedua kehamilan akan membuat ibu hamil lebih siap menghadapi salah satu masalah kehamilan ini. Termasuk Plasenta previa yang mungkin menjadi penyebab pendarahan pada trimester kedua kehamilan.

Apa itu plasenta previa?

Plasenta previa adalah kondisi dimana plasenta bayi terletak sangat rendah di sisi bawah rahim dan menutupi jalan lahir. Meski sangat jarang terjadi (hanya 0,5% dari setiap kehamilan) dan tidak menyakitkan,tetapi kondisi ini harus segera mendapat penanganan dokter untuk menghindari kemungkinan terburuk. Selain plasenta previa, ada tanda kehamilan lain yang perlu diketahui sebagai penyebab pendarahan pada trimester kedua kehamilan, beserta cara mengatasinya. Berikut ulasannya.

Penyebab dan cara mengatasi pendarahan pada trimester kedua kehamilan

Penyebab pendarahan trimester kedua