Penyebab dan Cara Mengatasi Herpes pada Ibu Hamil

Herpes merupakan salah satu jenis penyakit yang masuk dalam kelompok TORCH (Toxoplasmosis), yang disebabkan oleh virus, bakteri, maupun protozoa. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik merah nanah yang berkelompok di kulit atau selaput lendir, disertai demam. Penyakit herpes bisa menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, termasuk ibu hamil. Herpes pada ibu hamil bisa membahayakan kondisi ibu dan janin, pertumbuhan janin terhambat, menurunkan penyakit pada janin, bahkan juga bisa menyebabkan keguguran, terutama jika herpes dialami saat hamil muda.Penyebab dan Cara Mengatasi Herpes pada Ibu Hamil

Penyebab dan cara mengatasi herpes pada ibu hamil perlu diketahui sejak dini agar dapat dilakukan penanganan tepat, sebab penularan penyakit herpes tergolong mudah, yakni melalui hubungan badan, bersentuhan dengan cacar herpes, air liur, atau benda-benda yang tercemar virus herpes. Itu semua juga menjadi penyebab herpes pada ibu hamil.

Penyakit herpes sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu herpes simpleks (dapat menyerang mulut, bibir, dan alat kelamin), sedangkan herpes zoster (menyerang bagian kulit badan). Pada ibu hamil, herpes dapat timbul di bagian alat kelamin, paha, pantat, anus, dan leher rahim. Gejala yang dialami biasanya timbul bisulan nanah di organ intim, demam, flu, nyeri sendi, pusing, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Bayi dapat tertular penyakit herpes dari ibunya saat persalinan normal akibat kulit bayi yang pasti bersentuhan dengan kulit kelamin ibu yang terkena herpes. Untuk itu, sebaiknya lakukan persalinan normal. Itupun tidak bisa menjamin bayi tanpa resiko apa-apa, sebab virus herpes dapat membuat bayi lahir cacat dengan sistem syaraf dan penglihatannya kelak terganggu.

Pencegahan dan pengobatan penyakit herpes pada ibu hamil bisa dilakukan. Berikut diantaranya:

Penyebab dan cara mengatasi herpes pada ibu hamil

Penyebab herpes

  • Sering berganti-ganti pasangan
  • Menyentuh cacar herpes/cairan dari penderita herpes, misal air liur
  • Memegang benda-benda yang tercemar virus herpes,dll

Cara mengatasi herpes pada ibu hamil

  • Setia pada pasangan
  • Tidak melakukan hubungan badan dengan penderita herpes (herpes juga bisa menyerang laki-laki)
  • Mencuci tangan dengan sabun setelah
  • Memeriksakan kandungan secara rutin

Cara mencegah penularan herpes dari ibu ke bayi

  • Pisahkan peralatan mandi ibu dan bayi (misal handuk, sabun)
  • Jaga selalu kebersihan alat makan bayi agar terhindar dari virus herpes
  • Cucu tangan dengan sabun sehabis menyentuh cacar herpes, atau setelah dari toilet.
  • Jika muncul herpes di area mulut ibu, jaga jara jarak dengan bayi (jangan menciumnya/membiarkan kulit bayi bersentuhan dengan mulut)
  • Batasi dengan handuk atau selimut bersih agar kulit ibu yang terkena herpes tidak menyentuh kulit bayi.

Kesehatan ibu dan janin adalah yang utama yang harus dijaga. Setelah tahu penyebab dan cara mengatasi herpes pada ibu hamil maka kita menjadi lebih waspada. Untuk pengobatan penyakit herpes pada ibu hamil lebih intensif sebaiknya menghubungi dokter atau tenaga ahli kesehatan yang sudah berpengalaman.

Tags: kesehatan ibu hamil tanda bahaya