Penyebab dan Cara Menghindari Depresi Pada Ibu Hamil

Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental ibu hamil juga sangat penting untuk dijaga. Sebab, kondisi kehamilan membuat wanita lebih sensitif pada perasaannya dan rentan mengalami stres. Stres berlebihan yang dialami ibu hamil jika dibiarkan bisa berubah menjadi depresi, yang dapat berimbas pada masalah kesehatan fisik ibu dan janin. Terutama bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan yang bisa terganggu akibat depresi yang dialami ibu hamil.

Penyebab dan Cara Menghindari Depresi Pada Ibu HamilSebisa mungkin, penyebab dan cara menghindari depresi pada ibu hamil harus diketahui untuk meminimalisir terjadinya hal ini. Dan sebelumnya, kita akan bahas mengenai pengertian depresi pada ibu hamil.

Pengertian Depresi

Depresi lebih dari sekedar perasaan sedih akibat hal-hal atau kondisi tertentu, yakni kondisi ketegangan pikiran yang bisa mempengaruhi emosi, pola pikir, dan kondisi jiwa seseorang yang mengalaminya. Depresi saat hamil menyebabkan perasaan sedih, kelelahan berlebihan, dan kehilangan minat atau semangat, bahkan bisa mengalami gangguan pola makan dan pola tidur. Kondisi terparah dari depresi ini bisa mengakibatkan gangguan jiwa serta kehilangan semangat hidup hingga terjadi bunuh diri.

Ibu hamil yang sering menangis juga menjadi penyebab depresi. Dikarenakan ibu hamil sering merasa sendirian selama hamil atau menghadapi segala keluhan kehamilan seorang diri, akibat jenuh dengan rutinitas pekerjaan, permasalahan rumah tangga, dan lingkungan sosial yang kurang mendukung. Bisa juga karena pengaruh hormon, sebab memang dalam kehamilan ada 3 hormon yang dominan, yaitu estrogen, progesterone, dan gonadotropin. Hormon gonadotropin yang diproduksi plasenta inilah yang bisa merubah neurotransmitter sehingga ibu hamil mengalami perubahan emosi di minggu ke 6 hingga 10 kehamilan, perubahan mood yang sangat cepat bisa memicu stress pada ibu hamil.

Cara mengatasi depresi saat hamil bisa dilakukan dengan selalu berbagi cerita dengan suami atau menjalin hubungan yang baik dengan lingkungan, kerabat atau rekan kerja. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai penyebab dan cara menghindari depresi pada ibu hamil berikut ini.

Penyebab Depresi saat Hamil

  • Perubahan fisik maupun hormonal yang dialami ibu hamil, misalnya mual muntah berlebihan, bentuk badan yang semakin membesar, muncul banyak jerawat dan kulit kusam, atau istilahnya “tidak secantik saat sebelum hamil”, bisa memicu depresi saat hamil.
  • Masalah keluarga, baik dengan suami, kerabat, atau orang-orang disekitarnya.
  • Terlalu cemas memikirkan proses persalinan yang akan dilalui nantinya. Hal ini biasanya akan muncul saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga.
  • Kehamilan yang tidak direncanakan. Misal belum menikah, ibu belum siap, atau suami dan keluarga belum menghendaki karena anak sebelumnya masih kecil.
  • Masalah ekonomi. Karena harus memikirkan biaya persalinan, membeli perlengkapan, dan biaya perawatan bayi selanjutnya.

Sedangkan untuk mencegah stres/depresi selama hamil, bisa melakukan tips-tips berikut ini.

Cara Menghindari Depresi pada Ibu Hamil

  • Menjalani masa-masa hamil dengan penuh kebahagiaan.
  • Banyak mencari tahu informasi seputar kehamilan, bisa lewat media seperti internet, buku, atau bertanya pada ibu-ibu yang sudah berpengalaman memiliki anak. Informasi penting seperti cara merawat kehamilan, sampai dengan persiapan persalinan, dan menyusui kelak.
  • Menjalani pola hidup sehat, rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat bergizi selama kehamilan.
  • Pergi berlibur/rekreasi untuk mengobati rasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari.
  • Dukungan penuh dari seluruh anggota keluarga dan lingkungan yang nyaman.
  • Apabila ibu hamil memiliki masalah, langsung dibicarakan dengan suami agar tidak berlarut-larut. Apabila masalahnya mengenai kondisi kehamilan, segera hubungi dokter atau bidan terdekat.
  • Selalu berdo’a kepada Tuhan agar selalu diberikan kesehatan dan menjalani kehamilan dengan lancar tanpa hambatan.

Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab dan cara menghindari depresi pada ibu hamil. Stres/depresi saat hamil tidak boleh dibiarkan karena dapat mempengaruhi kesehatan dan psikologis bayi saat dewasa nanti.

Tags: gangguan kehamilan