Penyebab Flek Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya

Penyebab flek saat hamil muda bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Meskipun umumnya flek merupakan pertanda awal kehamilan, namun keluarnya darah yang tidak wajar juga harus diwaspadai. Oleh karena itu, Anda harus tahu seperti apa ciri-ciri flek yang normal dan tidak normal.

Saat hamil muda memang sangat rawan dengan gangguan kesehatan. Apalagi untuk wanita yang baru pertama kali hamil, pasti akan merasakan banyak sekali keluhan setiap harinya. Tapi tak perlu khawatir, nikmati saja proses kehamilan yang Anda rasakan, sebab kehamilan merupakan moment langka yang terjadi dalam hidup Anda.flek saat hamil muda

Salah satu keluhan yang umum terjadi pada wanita pada kehamilan yaitu terjadinya flek atau perdarahan ringan. Flek adalah keluarnya bercak darah dari jalan lahir yang berupa merah kecoklatan. Hampir 30 persen wanita yang sedang hamil pada usia muda pasti selalu mengalami flek. Sedangkan separuh ari wanita yang mengalami flek tersebut dapat berisiko terhadap keguguran di awal kehamilan. Keluarnya darah pada kehamilan sebelum 20 minggu, ini bisa dikategorikan pertanda keguguran, tapi tak jarang juga yang dapat melanjutkan kehamilannya hingga melahirkan bayi yang sehat. Untuk bisa mengetahui kondisi kesehatan kehamilan, lebih baik segera memeriksakan diri pada dokter ketika terjadi flek/mengeluarkan darah melalui jalan lahir.

Penyebab flek saat hamil muda

Perdarahan yang terjadi pada saat kehamilan bisa dibedakan jadi dua, yaitu perdarahan pada kehamilan muda dengan perdarahan antepartum. Perdarahan pada kehamilan muda ini terjadi jika usia kehamilan belum memasuki usia 20 minggu.

Penyebab flek pada kehamilan muda ini cukup beragam. Akan tetapi, yang paling umum yaitu perdarahan yang terjadi akibat proses melekatnya embrio pada dinding rahim. Infeksi dan perubahan hormon saat hamil juga bisa menjadi penyebab perdarahan ringan pada kehamilan muda. Flek ringan yang terjadi pada kehamilan juga bisa terjadi akibat trauma misalnya akibat melakukannya bersama pasangan, adanya tumor yang terdapat di jalan lahir dan jenis trauma lainnya.

Selain itu, perdarahan ringan pada awal kehamilan juga bisa terjadi karena permasalahan pada kehamilan itu sendiri. Misalnya karena ancaman keguguran atau setelah terjadinya keguguran, hamil anggur, hamil di luar kandungan dan lainnya.

Sedangkan perdarahan antepartum yaitu perdarahan pada usia kehamilan di atas 20 minggu. Penyebabnya juga sedikit berbeda dengan flek saat hamil muda yang terjadi sebelum 20 minggu kehamilan. Penyebab perdarahan antepartum biasanya akibat plasenta previa, yaitu kondisi insersi plasenta berada di segmen bawah rahim sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir. Penyebab lainnya yaitu solusio plasenta, yaitu kondisi lepasnya plasenta dari tempat perlekatannya yang normal di rahim sebelum persalinan. Penyebab lain juga berupa trauma, tumor jinak maupun ganas, dan sebagainya.

Cara mengatasi flek saat hamil muda

Adanya perdarahan pada kehamilan tidak memandang apakah kehamilan pertama, kedua, ketiga dan sebagainya. Jadi ketika terjadi flek, lebih baik periksakan pada dokter untuk mendapat penanganan yang benar. Anda harus tetap tenang dan rileks, tak perlu terlalu panik. Usahakan istirahat yang cukup dan hindari melakukan hubungan bersama pasangan terlebih dulu. Jika perdarahan terus terjadi dan bertambah parah, segera hubungi petugas kesehatan. Carilah pertolongan unit gawat darurat (UGD) untuk segera mendapat pertolongan.

Flek yang terjadi pada awal kehamilan maupun pada umur kehamilan berapapun tidak bisa dicegah atau diramal. Akan tetapi, jika Anda memeriksakan kehamilan secara teratur tentu bisa melakukan deteksi dini jika terjadi kehamilan yang tidak wajar. Jadi, tetap tenang ketika terjadi flek saat hamil muda, tapi lakukan pertolongan dengan cepat jika terdapat tanda tanda kehamilan yang tidak wajar.

Tags: gangguan kehamilan gejala kehamilan kesehatan ibu hamil tanda bahaya