Penyebab Hipertensi Dalam Kehamilan dan Mengatasinya

Hipertensi dalam kehamilan merupakan gejala kehamilan yang bisa menjadi tanda bahaya. Apalagi hipertensi pada masa hamil bisa terjadi pada siapa saya yang sedang hamil. Namun bukan berarti semua wanita yang sedang hamil akan mengalami hipertensi, semua tergantung kondisi Ibu hamil itu sendiri.hipertensi dalam kehamilan

Penyakit tekanan darah tinggi pada wanita hamil diakibatkan oleh aliran darah yang dipompa oleh jantung. Darah mengalir terlalu cepat sehingga menekan dan merusak dinding arteri pada sistem pembuluh darah. Kondisi ini dapat membahayakan kesehatan janin dan ibu hamil sehingga harus mendapat penanganan yang serius untuk diobati. Jadi, wanita yang sedang mengandung harus benar-benar menjaga kondisi kesehatan tubuhnya sehingga terhindar dari bahaya kehamilan termasuk adanya penyakit hipertensi.

Penyebab hipertensi pada saat hamil

Wanita yang sedang mengandung bisa terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi asalkan mampu menjaga kondisi tubuhnya dengan baik. Penyakit hipertensi yang terjadi pada wanita hamil umumnya terjadi akibat gaya hidup yang kurang sehat misalnya merokok, kelebihan berat badan dan konsumsi minuman keras. Kebiasaan yang tidak sehat tersebut dapat memicu naiknya tekanan darah sehingga terjadi hipertensi dalam kehamilan.

Masa hamil merupakan saat yang rawan sehingga sang ibu harus selalu menjaga kesehatan tubuhnya. Adanya penyakit tekanan darah tinggi dalam masa hamil tentu sangat berisiko terhadap kesehatan bayi di dalam kandungan. Jadi peranan keluarga juga diperlukan untuk mencegah adanya penyebab hipertensi saat hamil.

Dampak akibat hipertensi dalam masa kehamilan

Akibat penyakit tekanan darah tinggi dalam kehamilan, banyak sekali dampak buruk yang mungkin terjadi. Penyakit hipertensi bisa saja menyebabkan gangguan terhadap fungsi ginjal. Khusus untuk wanita yang sedang hamil, bisa memicu preekampsia sehingga menyebabkan keracunan kehamilan. Kondisi ini bisa berbahaya bagi bayi di dalam kandungan karena sang ibu bisa saja mengalami koma akibat keracunan kehamilan yang terjadi.

Penanganan penyakit hipertensi bagi wanita hamil

Ketika wanita hamil mengalami penyakit tekanan darah tinggi, maka harus selalu menjaga kondisi kesehatan tubuhnya dengan baik. Selalu periksa kondisi kehamilan pada dokter kandungan atau bidan untuk mengetahui kondisi hipertensi yang diderita. Dokter akan menyarankan beberapa tips yang tepat untuk mengurangi tekanan darah di dalam tubuh sehingga bisa sembuh hingga pada saatnya melahirkan.

Cara mencegah hipertensi saat hamil

Hipertensi pada kehamilan bisa dicegah jika Anda belum mengalaminya. Dengan selalu menjaga kesehatan, maka penyakit tekanan darah tinggi tidak akan timbul dan mengganggu kehamilan Anda. Bagaimana upaya pencegahannya? Simak ulasan berikut.

  1. Anda harus memperhatikan pola makan, konsumsi makanan sehat dan perbanyak konsumsi sayuran ataupun buah segar. Penuhi kebutuhan protein, mineral, karbohidrat, vitamin dan serat bagi tubuh.
  2. Konsumsi makanan yang dapat menurunkan penyakit tekanan darah tinggi. Contoh makanan tersebut antara lain ikan, coklat, pisang, dan jeruk.
  3. Rutin melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Ketika memasuki masa kehamilan, lakukan olahraga yang ringan saja asal bisa membuat tubuh aktif bergerak.
  4. Atur mood Anda agar terhindar dari stres. Stres merupakan pemicu dari berbagai penyakit berbahaya. Stres juga sangat rawan terjadi pada wanita hamil akibat perubahan hormon di dalam tubuh.
  5. Cukup istirahat, jangan sampai tubuh mengalami kelelahan. Wanita hamil yang mengalami kelelahan bisa berbahaya bagi kondisi bayinya.

Baca juga: Apa Penyebab Keracunan Kehamilan? Ini Cara Mengatasinya

Penyakit hipertensi bisa menjadi tanda bahaya dalam kehamilan sehingga harus diwaspadai. Semoga dengan membaca ulasan penyebab hipertensi dalam kehamilan dan cara mengatasinya, Anda akan terhindar dari masalah tersebut sehingga sang buah hati bisa terlahir dengan sehat.

Tags: hipertensi keracunan kehamilan