Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil sangat penting diperhatikan. Selain untuk kenyamanan, posisi ketika tidur juga harus dipertimbangkan untuk keamanan saat hamil. Oleh karena itu, Anda harus membaca ulasan berikut hingga selesai bagaimana cara tidur yang tepat saat hamil.posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Selain mengalami rasa mual dan muntah/morning sickness, ketika hamil juga banyak sekali gangguan yang dialami. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu kesulitan untuk tidur pada malam hari. Sulitnya mendapatkan tidur yang nyenyak ini dikarenakan kondisiĀ  tubuh wanita hamil yang sulit untuk bergerak. Sebab posisi kandungan harus tetap diperhatikan meskipun saat tidur.

Agar kesehatan bayi dalam kandungan tetap terjaga dan Anda bisa meningkatkan kualitas tidur, berikut adalah beberapa posisi terbaik yang bisa dilakukan ketika tidur oleh ibu hamil.

Posisi yang tepat untuk Ibu hamil ketika tidur

Posisi tidur tengkurap

Ibu hamil bisa tidur dengan posisi tengkurap saat masih hamil muda. Itu juga jika Anda masih merasa nyaman tidur dengan posisi ini. Akan tetapi, ketika isi perut sudah semakin membesar sebaiknya hindari tidur dengan posisi tengkurap. Sebab posisi tidur seperti ini dapat menindih bayi yang ada di dalam perut.

Posisi tidur terlentang

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil ketika terlentang bisa dilakukan hingga umur kandungan mencapai 4 bulan. Dengan posisi tidur seperti ini memang dapat memberikan keuntungan bagi Ibu hamil. Anda bisa tetap tidur dengan nyaman dan nyenyak tanpa khawatir dengan bayi yang dikandung. Setelah umur kandungan lebih dari empat bulan, hindari tidur dengan posisi terlentang. Menurut para ahli, posisi tidur terlentang setelah usia kandungan memasuki 4 bulan akan memicu munculnya berbagai macam gangguan kesehatan. Gangguan tersebut antara lain sakit pada pinggang, gangguan pencernaan dan juga gangguan pada tekanan darah. Masalah tekanan darah yang terjadi pada wanita hamil bisa berbeda-beda, ada yang tekanannya meningkat dan ada pula yang justru menurun. Namun masalah tekanan darah yang tidak normal sangat berbahaya bagi kesehatan kehamilan. Tanda bahaya kehamilan ini dapat mengganggu perkembangan janin dalam kandungan.

Posisi tidur miring

Jika dilakukan dengan benar, posisi miring juga merupakan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Bisa dibilang, posisi ini juga merupakan posisi tidur terbaik sebab sang Ibu akan merasa nyaman dan memiliki dampak positif pada bayi dalam kandungan. Efek baik yang akan didapat yaitu memudahkan aliran darah menuju ke kandungan serta memperlancar penyerapan nutrisi oleh janin. Agar posisi tidur miring lebih nyaman, taruhlah bantal agar lebih tinggi. Gunakan beberapa bantal di kepala dan juga disekitar lengan serta bagian perut. Anda juga bisa menggunakan bantal khusus yang dapat menopang perut ketika tidur miring.

Saat tidur adalah saat istirahat terbaik untuk wanita hamil. Jangan sampai Ibu hamil kekurangan tidur akibat merasa tidak nyaman. Dengan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil di atas, semoga waktu istirahat Anda semakin berkualitas.

Tags: cara menjaga kehamilan tanda bahaya