Tanda Awal Kehamilan Sebelum telat Haid

Mendeteksi tanda awal kehamilan sebelum telat haid memang tidak mudah. Sebab sebagian besar tanda-tanda kehamilan yang terjadi sangat mirip dengan gejala sebelum menstruasi. Beberapa pertanda yang kerap terjadi antara lain kram, kelelahan, terdapat bercak darah dan lainnya.

Kebanyakan, wanita yang sudah tidak sabar ingin hamil begitu penasaran apakah dirinya sudah hamil atau belum. Memang, kebanyakan kita mengetahaui kehamilan dengan berhentinya siklus menstruasi atau terlambat haid. Akan tetapi, untuk awal kehamilan hal ini masih belum bisa terlihat. Ada beberapa metode cara mengetahui kehamilan dengan memperhatikan beberapa pertanda yang terjadi. Sebab, berhentinya haid bukanlah indikator utama untuk mengetahui kehamilan. Apa saja tanda-tanda tersebut? Ini dia ulasan lengkapnya.

Ketika Anda sudah terlambat haid, bisa jadi kehamilan Anda sudah memasuki minggu ke 3. Memang ini bukan ketentuan pasti, dan sangat sulit untuk mengetahui berapa umur kehamilan yang tepat. Sebab semua tergantung proses pembuahan yang terjadi di dalam tubuh.

Tapi umumnya, ovulasi terjadi pada 14 hari sebelum periode menstruasi berikutnya. Untuk memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak, tanda tanda kehamilan minggu pertama ini juga perlu diperhatikan. Apabila tanda-tanda tersebut muncul sebelum Anda terlambat haid, berarti kemungkinan besar Anda memang sedang hamil.

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid

Meningkatnya suhu tubuh

Setelah terjadi ovulasi, suhu basal tubuh akan mengalami kenaikan. Kenakan suhu tubuh ini terjadi karena meningkatnya kadar hormon progesteron. Jika pembuahan tidak terjadi, maka kadar hormon progesteron akan menurun sehingga suhu tubuh menurun. Suhu basal tubuh ini akan mengalami kenaikan dalam waktu yang lama selama kehamilan. Akan tetapi, biasanya suhu basal tubuh ini sulit dideteksi secara praktis, oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tanda kehamilan yang lain.

Terdapat flek/bercak darah

Bercak darah yang terjadi saat kehamilan berbeda dengan bercak darah saat menstruasi. Hal ini terjadi karena proses implantasi janin di dalam rahim sehingga mengeluarkan bercak kemerahan. Bercak merah ini jumlahnya sangat sedikit dan dapat mengotori celana dalam Anda. Jadi, flek tanda kehamilan sangat berbeda dengan darah menstruasi.

Kram pada perut

Selain dapat menyebabkan perdarahan ringan, proses menempelnya janin di dalam rahim juga dapat menyebakan perut terasa kram. Tanda awal kehamilan sebelum telat haid ini biasanya terjadi pada minggu pertama kehamilan. Rasa kram ini juga sangat mirip dengan kram yang terjadi saat menstruasi. Namun terkadang, banyak wanita yang tidak menyadari dan malah menganggap gejala ini merupakan pertanda menstruasi.

Perubahan pada payudara

Tanda tanda kehamilan setelah berhubungan juga bisa dilihat dengan adanya perubahan pada payudara. Payudara akan terasa bengkak dan membesar terkadang juga terasa agak sakit. Selain itu, payudara akan menjadi lebih sensitif ketika mendapat sentuhan. Bgian aerola dan puting payudara juga akan semakin gelap dan hitam. Hal ini karena proses alami agar bayi nantinya lebih mudah menemukan letak puting payudara Ibunya. Biasanya, perubahan pada payudara sebagai pertanda kehamilan ini terjadi dua minggu setelah kehamilan. Dan lagi-lagi wanita menganggapnya sebagai pertanda pramenstruasi.

Rasa lelah yang berlebihan

Wanita yang sedang hamil umumnya mengalami rasa lelah yang berlebihan. Rsa lelah, letih, lesu dan mengantuk kerap datang seperti orang yang kekurangan energi. Hal ini karena banyak energi yang diserap untuk pembentukan janin sehingga membuat wanita kekurangan energi.

Sering buang air kecil

Tanda kehamilan setelah berhubungan juga bisa dilihat jika Anda jadi sering buang air kecil. Setelah terjadi pembuahan, tubuh akan melakukan persiapan untuk perkembangan janin. Ukuran rahim akan menjadi lebih besar karena akan digunakan untuk pertumbuhan janin. Akibatnya, kandung kemih akan mendapat tekanan yang membuat Anda jadi lebih sering kencing.

Beberapa gejala lain yang bisa jadi pertanda kehamilan awal yaitu rasa mulas, mual dan muntah dan gejala lainnya. Namun untuk memastikannya, Anda memerlukan alat tes kehamilan atau memeriksakan diri ke dokter. Dengan mengetahui tanda awal kehamilan sebelum telat haid, Anda bisa melakukan banyak persiapan untuk kehamilan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>