Tanda Tanda Kehamilan 1 Minggu Pertama

Apakah Anda sudah tahu tanda tanda kehamilan 1 minggu pertama? Jika belum, marilah kita simak ulasan berikut secara lengkap untuk mengetahuinya. Sebab sangat penting untuk mengetahui pertanda awal kehamilan untuk mempersiapkan kehamilan dan mengurangi risiko keguguran.tanda tanda kehamilan minggu pertama

Biasanya, orang mengetahui kehamilan dengan berhentinya siklus menstruasi atau terlambat haid. Namun ada beberapa tanda awal kehamilan sebelum terlambat haid yang bisa kita ketahui. Tanda tanda ini bisa digunakan sebagai sarana untuk mengetahui kehamilan lebih awal. Tetapi tidak menjamin bahwa jika sebuah gejala kehamilan terjadi lantas meyakini bahwa diri Anda memang sedang hamil. Jika suatu tanda dibarengi dengan beberapa pertanda lain, barulah kemungkinan besar memang terjadi kehamilan. Itupun masih memerlukan alat tes kehamilan untuk membuktikannya. Meski demikian, tanda tanda berikut bisa bermanfaat untuk mengetahui kehamilan sejak awal minggu pertama.

Tanda awal kehamilan 1 minggu

Payudara menjadi besar dan terasa nyeri

Wanita yang hamil mengalami perubahan pada bentuk tubuh. Pada awal kehamilan 1 minggu, perubahan dimulai dari bentuk payudaranya, yaitu ukurannya semakin membesar da menjadi lebih sensitif. Gejala ini memang sangat mirip dengan gejala pramenstruasi yang terjadi pada wanita. Selain menjadi lebih besar dan kadang terasa sakit, lingkar payudara dan puting juga akan menjadi lebih gelap. Menurut para ahli, hal ini untuk memudahkan sang bayi menemukan letak puting sang ibu nantinya.

Menjadi cepat lelah

Tanda tanda kehamilan minggu pertama juga akan membuat wanita jadi sangat mudah lelah dan lesu. Jika biasanya Anda aktif bergerak, setelah memasuki masa kehamilan menjadi lebih mudah lelah sehingga ingin bermalas-malasan dan tidur. Hal ini sangat wajar terjadi karena kehamilan minggu pertama banyak menguras energi wanita untuk pembentukan janin di dalam kandungan.

Mual dan muntah

Ini merupakan gejala yang sangat identik dengan wanita hamil. Meski begitu, tidak semua wanita yang mengalami rasa mual dan muntah-muntah merupakan tanda awal kehamilan. Bisa jadi mual dan muntah yang terjadi hanya karena masuk angin atau kelelahan. Mual dan muntah yang terjadi pada wanita hamil terjadi karena perubahan hormon di dalam tubuh. Biasanya mual dan muntah terjadi pada pagi hari ketika bangun tidur. Namun tidak jarang wanita hamil yang mengalami mual dan muntah sepanjang hari hingga siang atau sore hari. Gejala kehamilan ini juga akan terus terjadi sepanjang trimester 1 kehamilan.

Lebih sensitif terhadap bau

Ketika memasuki masa kehamilan, Anda juga akan lebih sensitif terhadap bebauan. Ini merupakan tanda tanda kehamilan 1 minggu yang juga dirasakan banyak orang. Perubahan ini juga terjadi akibat pengaruh hormon di dalam tubuh semasa hamil.

Jadi sering kencing

Lagi-lagi perubahan hormon bertanggung jawab atas gejala yang satu ini. Wanita hamil akan menjadi lebih sering buang air kecil karena pengaruh hormon di dalam tubuhnya. Selain itu, peningkatan aliran darah juga terjadi ketika memasuki minggu pertama kehamilan.

Beberapa tanda awal kehamilan di atas bisa menjadi petunjuk bagi Anda yang mengharapkan kehadiran momongan. Jika gejala tersebut muncul, lebih baik segera lakukan tes menggunakan alat tes kehamilan atau periksa ke dokter terdekat. Semoga tanda tanda kehamilan 1 minggu pertama di atas bisa bermanfaat.

Tags: ciri orang hamil gejala kehamilan